Wawancara Khusus Bos TIKI

Kisah TIKI 'Kurir' yang Gerainya Menjamur hingga Terjun Antar Makanan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 01 Okt 2021 07:00 WIB
Direktur Utama PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) Yulina Hastut
Foto: Dok. TIKI

Berapa target kinerja TIKI hingga akhir 2021 dan proyeksi 2022?

Kami menargetkan hingga akhir tahun dapat mencapai pertumbuhan bisnis sekitar 20-25%. Untuk target tahun depan, kami belum dapat memberikan informasi karena saat ini kami tengah fokus menggenjot bisnis kami hingga akhir tahun.

Bagaimana cara TIKI menghadapi persaingan yang semakin ketat saat ini?

Bermunculannya pemain-pemain baru di jasa kurir tentunya merupakan motivasi bagi TIKI untuk melakukan yang lebih lagi baik dari sisi inovasi, keunggulan jaringan dan operasional. Selama 51 tahun ini, TIKI telah banyak melakukan perubahan dan beradaptasi dengan perkembangan jaman dan perkembangan kebutuhan konsumen. Hal ini lah yang menjadi kunci kesuksesan TIKI dalam mempertahankan eksistensinya selama 51 tahun ini.

Bahkan kami memperoleh berbagai penghargaan bergengsi untuk industri kurir. Beberapa penghargaan terakhir kami antara lain Indonesia Millenial's Top Brand Award 2019 kategori courier service oleh Warta Ekonomi pada 2019, serta "Top Innovation Award" atas inovasi layanan Seller Online Booking (SERLOK) oleh TRAS N CO Indonesia pada 2021.

Namun terlepas dari hal tersebut, TIKI ingin menggandeng sebanyak-banyaknya mitra untuk membangun ekosistem industri jasa kurir dan logistik yang kolaboratif untuk meningkatkan daya saing di pasar internasional.

Bagaimana TIKI memfasilitasi tren konsumen yang ingin dimudahkan dalam bertransaksi di masa pandemi?

Kami mendorong para pelanggan kami untuk beralih menggunakan layanan berbasis digital untuk melakukan transaksi pengiriman mulai dari booking, pick up, tracking hingga pembayaran yaitu antara lain:

* Aplikasi TIKI dimana pelanggan dapat mengetahui besaran biaya kiriman, mengetahui kode pos, melakukan pemesanan dan melakukan pelacakan secara real time status barang kiriman dalam satu aplikasi. Melalui Aplikasi TIKI, pelanggan juga dapat mengakses layanan JEMPOL (Jemput Online) yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dimanapun dan kurir TIKI akan datang menjemput barang kiriman di lokasi yang ditetapkan pelanggan tanpa dikenakan biaya tambahan;
* TIKI Online Booking (TOB) memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan melalui website
* SMS Notification dimana TIKI secara proaktif mengirimkan notifikasi secara otomatis terkait status kiriman kepada pengirim dan penerima.
* Real Time Tracking dimana pelanggan dapat mengakses posisi paket secara online dan real time.
* Untuk pembayaran, TIKI telah bekerjasama dengan dompet digital seperti GoPay, OVO, DANA, Shopee Pay untuk memberikan lebih banyak opsi pembayaran bagi pelanggan.
* TIKI juga memiliki layanan Drive Thru - di mana pelanggan dapat melakukan drop barang di Sales Counter / Gerai yang memiliki layanan drive thru tanpa harus turun dari kendaraan.

Perubahan apa yang dilakukan secara besar-besaran di TIKI?

Pada masa pandemi Covid-19 ini, kami manajemen TIKI memfokuskan pada dua aspek utama yaitu (1) Keamanan dan keselamatan para staf dan kurir kami dalam menjalankan tugasnya, (2) Memaksimalkan operasional untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan meskipun di tengah berbagai pembatasan yang ada. Sejak tahun lalu, TIKI telah meluncurkan berbagai produk dan layanan baru yang semakin memberikan beragam pilihan produk dan layanan pengiriman yang lebih customize sesuai kebutuhan pelanggan.

SDS KITA (Kuliner Nusantara) yaitu kiriman kuliner akan tiba di hari yang sama dengan biaya yang sangat kompetitif. Ini semakin memudahkan para pecinta makanan untuk menikmati beragam kuliner nusantara. Lalu saat ini fokus untuk pengiriman kuliner dengan tujuan Jabodetabek, mengingat mayoritas konsumen kuliner daerah masih didominasi di wilayah Jabodetabek.

Kemudian SERLOK (Seller Online Booking) adalah layanan bagi para online seller yang menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi pengiriman dengan TIKI. Nah keuntungan menjadi member SERLOK adalah gratis pick up barang, diskon 18% biaya pengiriman, kemudahan pembayaran mulai dari fasilitas cash on delivery (COD) hingga pelunasan H+2 setelah transaksi. Layanan baru ini berlaku hanya untuk para online seller yang belum memiliki akun di TIKI. Lalu TIKI memperoleh penghargaan bergengsi, Top Innovation Choice Award 2021 atas inovasi layanan Seller Online Booking (SERLOK) untuk para pengusaha online.

Ada juga layanan TIKI PUTAR Memberikan pilihan pengantaran dalam hitungan jam di hari yang sama, dan lebih cepat dari produk Same Day Service. Kurir akan menjemput barang ke titik penjemputan yang telah ditentukan pelanggan, dan akan langsung mengantarkan barang ke titik tujuan.

Saat ini TIKI PUTAR masih difokuskan untuk wilayah DKI Jakarta, Bandung dan Mataram Peluncuran Kembali SOBAT TIKI. Lalu ada juga program loyalitas yang menawarkan keuntungan dan fasilitas khusus bagi para pelanggan setia TIKI. Dengan ini pelanggan dapat menikmati berbagai voucher belanja dari H&M, Mola TV, Gopay, Excelso, Es teller 77 dan masih banyak lagi.

Bagaimana anda melihat tren belanja online ke depannya? Lalu jenis barang apa saja yang berpotensi bisa terus berkembang?

Belanja online akan menjadi sebuah normal baru yang akan semakin mendisrupsi sektor bisnis terutama retail di Indonesia dan seluruh dunia ke depannya. Hasil studi Google, Temasek dan Bain & Company, nilai transaksi ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai US$ 124 miliar atau Rp 1.700 Triliun pada 2025, terbesar di Asia Tenggara. Tren belanja online ini akan membangun sebuah giant ecosystem yang mengintegrasikan seluruh rantai nilai mulai dari produsen produk/barang, toko online distribusi, sistem pembayaran hingga jasa kurir.



Simak Video "Tak Perlu Marahi Kurir kalau Barang COD Nggak Sesuai"
[Gambas:Video 20detik]

(kil/ara)