detikfinance

Bakrie Kuasai Penuh Saham Tol Cimanggis-Cibitung

Nurul Qomariyah - detikfinance
Kamis, 29/07/2010 14:14 WIB
//images.detik.com/content/2010/07/29/6/bakrie-reuters-dalam.jpg Foto: Reuters
Jakarta -Perusahaan Malaysia, PLUS Expressways Bhd menandatangani Conditional sale and purchase agreement (CSPA) dengan PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) untuk penjualan seluruh kepemilikan di PT Cimanggis Cibitung Tollways (CCTW) senilai Rp 57,82 miliar atau sekitar 20,2 juta Ringgit.

Menurut penjelasan dari Bursa Malaysia yang dikutip dari The Star, Kamis (29/7/2010), Bakrie akan membayar tunai saham PLUS tersebut dalam kurun waktu 3 bulan setelah kesepakatan atau setelah pemerintah Indonesia menyetujui transfer saham CCTW.

Dana dari hasil penjualan saham tersebut rencananya akan digunakan PLUS untuk ekspansi usahanya dan juga belanja modal.

CCTW merupakan perusahaan gabungan milik Bakrie & Brothers, PLUS dan perusahaan Indonesia lainnya, PT Capitalinc Investment Tbk. Pembentukan kerjasama itu dilakukan pada 22 Februari 2008 dalam rangka menggarap proyek jalan tol Cimanggis-Cibitung.

CCTW diumumkan sebagai pemenang tender proyek tol Cimanggis-Cibitung pada 17 September 2007. Namun karena adanya berbagai kendala, kesepakatan konsensi jalan tol itu belum dieksekusi.

Ruas tol Cimanggis-Cibitung merupakan satu dari 24 ruas tol mangkrak yang sedang dievaluasi pemerintah. Hingga kini, CCTW selaku pemegang konsesi belum menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dengan pemerintah. Padahal, CCTW telah dibentuk pada 27 Februari 2008, sedangkan pengumuman pemenang tender dilakukan pada 17 September 2007.

Dalam rencana awal, total investasi jalan tol Cimanggis-Cibitung diperkirakan mencapai Rp 3,2 triliun. CCTW wajib menyetor dana Rp 952 miliar (30%). Sisanya Rp 1,85 triliun (70%) akan dibiayai pinjaman bank.

Bakrie Brothers selaku pemilik 15% saham CC Tollways wajib menyetor dana Rp 142,8 miliar, sedangkan PLUS Expressways Rp 571,2 miliar (60%). Sisa dana Rp 238 miliar akan dibayar oleh PT Capitalinc Investment Tbk (MTFN) sebagai pemegang 25% saham CCTW.
(qom/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut