detikfinance

RI Duduki Nomor 9 Negara Tujuan Investasi Dunia

Ramdhania El Hida - detikfinance
Senin, 14/05/2012 12:50 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/05/14/4/bkpm-suhe-luar.jpg
Jakarta -Dalam 4 tahun terakhir, Indonesia masih menduduki peringkat 9 dari 193 negara sebagai negara tujuan utama penanaman investasi asing dalam bentuk foreign direct investment/investasi langsung.

Demikian disampaikan Direktur Kerjasama Regional Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rizar Indomo Nazaroedin di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (14/5/2012).

"Indonesia menempati peringkat 9 untuk FDI, berdasarkan survei UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development)," ujarnya.

Menurut Rizar, survei tersebut dilakukan terhadap 193 negara maju dan/atau negara berkembang di dunia. Peringkat Indonesia untuk 2 periode yaitu 2009-2011 dan 2010-2012 tidak berubah yaitu berada pada posisi kesembilan untuk negara tujuan investasi utama. Khusus untuk periode 2010-2012, Indonesia mengalahkan Jerman, Thailand, Jepang, dan Malaysia.

"Indonesia saat ini sudah bisa memilih investor," jelasnnya.

Saat ini, Rizar menyatakan Indonesia telah mengantongi beberapa peringkat investasi dari lembaga-lembaga pemeringkat internasional.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan PT Bank Mandiri Tbk Pahala Mansury menambahkan, Indonesia merupakan penyumbang porsi Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar di ASEAN atau sekitar 50%-51%.

"Dengan naiknya PDB per kapita yang mencapai angka sekitar US$ 3.500, itu sangat mungkin porsi PDB itu dari Indonesia," katanya.
(nia/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut