detikfinance

Bisnis Ayam Potong Bebas Formalin Ala Bang Nojeng

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Jumat, 14/09/2012 10:45 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/09/14/480/104735_nojeng2.jpg
Jakarta -Memperoleh makanan yang sehat dan halal merupakan sebuah tuntutan dan kebutuhan bagi masyarat. Namun, masih saja ditemukan pedagang nakal yang menjual makanan yang menggunakan bahan pengawet berbahaya seperti ayam berformalin atau ayam suntik.

Melihat kondisi tersebut, Suparno atau yang akrab disapa Bang Nojeng akhirnya tergerak menjual ayam potong "ASUH" atau kependekan dari aman, sehat, utuh dan halal untuk dikonsumsi.

"Berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa ayam beredar di masyarakat itu masih ditemukan menggunakan bahan pengawet macem-macem. Saya ingin membuat pemotongan yang menjawab, saya tidak pakai formalin pun bisa," kata Bang Nojeng kepada detikFinance di JCC Senayan Jakarta, Kamis (13/9/2012).

Bang Nojeng yang berangkat dari usaha pemotongan ayam rumahan sejak 1983 kemudian memutuskan merubah konsep usahanya sejak 20 Desember 2011 dengan menjual ayam potong segar dengan proses pendinginan berkualitas pabrikan namun harga ekonomis.

"Kita kemas dengan kemasan yang baik, saya tidak mau kalah dengan kemasan pabrikan," imbuhnya.

Keunggulan ayam potong Bang Nojeng yang telah dijual pada 24 outlet di Jakarta ini memiliki rasa berbeda dibandingkan dengan ayam potong yang dijual di pasar.

"Kalau menggunakan es itu menutup pori-pori, protein-protein hewani yang itu tidak keluar padahal protein dari ayam yang baru dipotong itu pori-pori terbuka sehingga disitu bisa terkontaminasi bau-bau tapi kalau kita betul-betul jatuh kelantai saja tidak pernah," tambahnya.

Berkat kerja kerasnya, Bang Nojeng saat ini bisa memasok kebutuhan ayam segar untuk resotran dan konsumen kelas menengah atas di wilayah Jakarta hingga mencapai 3 ton per hari. Namun pencapaian yang diperoleh Bang Nojeng tidak berhenti disitu, ia ingin memperkenalkan konsep ayam sehat dan segar dengan harga ekonomis di pasar tradisonal.

"Kami tak mengambil untung banyak tapi jual banyak dan memperkenalkan stand di setiap pasar tradisonal," tutupnya.

Apakah anda tertarik memesan atau ingin tahu lebih dalam mengenai produk daging ayam SEHAT ala Bang Nojeng. Anda bisa datang ke Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jalan Rawa Kepiting, kawasan industri Pulogadung Jakarta Timur atau mengujungi website: www.ayamasuhbangnojeng.com
(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut