detikfinance

Pedagang Curhat Soal Daging Sapi yang Dikuasai Importir

Zulfi Suhendra - detikfinance
Kamis, 07/02/2013 12:26 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/02/07/4/122843_daginggetty.jpeg
Jakarta -Asosiasi Pedagang Daging Sapi Indonesia mensinyalir adanya monopoli daging sapi dari importir di Indonesia. Hal ini menyebabkan para pedagang sapi kian terpuruk karena harga yang terus bergejolak.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Daging Sapi Indonesia Dadang Iskandar mengatakan sejatinya importir hanya dapat menyerap 10% daging lokal. Sementara dilapangan, kenyataannya berbalik.

"Ada satu kebijakan dari Dirjen Peternakan bahwa importir diberikan kebijakan untuk menjual 10%. Tapi di lapangan banyak yang diserap oleh importir," ungkap Dadang saat acara rapat audiensi dengan Komisi IV DPR RI di Gedung DPR MPR RI, Senayan Jakarta, Kamis (7/2/2013).

"Mereka yang menguasai sapi impor dan sapi lokal," imbuhnya.

Dia mendesak DPR untuk dapat mencabut regulasi tersebut agar ada keseimbangan antara pedagang lokal dan importir. Karena nyatanya, saat ini, pedagang lokal tak mampu bersaing dengan importir yang notabene adalah pengusaha besar.

"Tuntutan kami cabut kebijakan Dirjen Peternakan, Kalau memang ada cabut kebijakan untuk membeli sapi lokal. Kalau tidak dicabut gejolak harga daging tidak akan terkendali sampai kapan-pun," katanya.

"Kami tidak bisa melawan mereka yang banyak uang dengan infrastruktur yang lengkap," tambahnya.

Lebih lanjut menurutnya, hal ini berujung terhadap nasib para pedagang sapi lokal di Indonesia. Di Jawa Barat saja lanjut dia, telah ada 40% pedagang sapi lokal yang bangkrut karena harga daging sapi yang terus bergejolak karena adanya monopoli ini.

"Saya ingin jalan sendiri-sendiri lah. Pedagang menguasai sapi lokal, dan importir mengurusi yang impor," jelasnya.
(zul/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 03/08/2014 18:18 WIB
    Ini Penyebab Klaim Asuransi Kecelakaan Tak Bisa Cair
    Beberapa kasus ada saja pemegang asuransi kecelakaan yang sulit mencairkan klaimnya. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan klaim asuransi kecelakaan sulit atau bahkan tak bisa cair.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut