detikfinance

Jumlah TKI Capai 6,5 Juta, Tersebar di 142 Negara

Wiji Nurhayat - detikfinance
Kamis, 14/03/2013 17:40 WIB
Jumlah TKI Capai 6,5 Juta, Tersebar di 142 Negara
Jakarta -Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri saat ini jumlahnya sudah jutaan orang. Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) M Jumhur Hidayat mencatat setidaknya ada 6,5 juta jumlah TKI yang bekerja di 142 negara.

"Sebanyak 6,5 juta jumlah TKI sekarang dan bekerja di 142 negara. Anggota PBB ada 194 negara TKI kita ada di 142 negara jadi TKI ada di mana-mana," ungkap Jumhur saat ditemui detikFinance di Gedung Palm One Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Dari jumlah itu, Jumhur mendata bahwa TKI berasal dari 392 Kabupaten/Kota. Padahal di seluruh Indonesia terdapat 500 Kabupaten/Kota.

"Para TKI itu datang dari 392 Kabupaten/Kota. Artinya kabupaten kota kita kan ada 500 jadi memang gila pertumbuhannya," imbuhnya.

Hal ini sangat mendasar karena pemerintah secara umum belum bisa memberikan lapangan pekerjaan yang cukup untuk warga negaranya. Bahkan pandangan ini muncul setelah para peneliti melakukan riset antara Indonesia dan Korea Selatan. Hasilnya, Korea Selatan perkembangan di sektor industrialisasi jauh lebih besar bila dibandingkan dengan Indonesia.

"Tahun 60-an Indonesia dan Korsel dipotret yaitu minat peserta didik masuk ilmu sosial atau ketekhnikan. Hasilnya sama-sama 4:1. Tahun 90-an dipotret kembali Indonesia masih sama dengan 4:1 tetapi Korsel sudah terbalik 1:4. Fakta ini yang mengatakan Korea jauh lebih besar peningkatan industrialisasi dan tentunya menambah luas lapangan kerja," tandasnya.

(wij/dru)

Baca Juga


Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Ini Investasi yang Cocok Saat Imlek Senin, 08/02/2016 11:00 WIB
    Ini Investasi yang Cocok Saat Imlek
    Anda bisa mengandalkan feng shui untuk berinvestasi setelah Imlek di tahun monyet api, tapi bisa juga memakai data. Investasi seperti apa yang menarik saat Imlek?


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut