detikfinance

Harga Emas Anjlok ke Titik Terendah Dalam 2 Tahun

Wahyu Daniel - detikfinance
Senin, 15/04/2013 20:00 WIB
//images.detik.com/content/2013/04/15/4/193410_emas.jpg Foto: Reuters
London -Harga emas belum berhenti jatuh. Hari ini harga logam berharga tersebut jatuh 6,3% ke level US$ 1.400 per ounce, atau yang terendah semenjak Maret 2011, karena investor terus melakukan aksi jual.

Para investor kecewa dengan emas yang terus turun. Selain emas, komoditi lain seperti minyak dan tembaga juga turun akibat melambatnya perekonomian China di kuartal I-2013, yang menimbulkan keraguan soal kesehatan ekonomi global.

Turunnya harga emas juga disebabkan karena aksi jual yang dilakukan oleh bank sentral Siprus untuk menyelamatkan negara tersebut dari krisis yang menghantam. Para investor emas khawatir, bank-bank sentral di Eropa lainnya bakal melakukan hal serupa, sehingga aksi jual emas terjadi dan menekan harga.

Harga spot emas di pasar komoditi London turun hingga US$ 1.384,69 atau 4,7%.

Sementara harga emas berjangka di pasar AS untuk pengiriman Juni turun lebih dari 5%, setelah harga emas di pasar Tokyo juga turun 8%, yang merupakan penurunan terendah sejak September 2011.

"Kita saat ini memasuki fase short selling dari pelaku hedge funds, dan kondisi ini bakal terus berlanjut ke depan," ujar Manajer Senior Saxo Bank Ole Hansen dikutip dari Reuters, Senin (15/4/2013).

Selain emas, harga logam-logam berharga lainnya juga mengalami aksi jual hebat. Harga perak jatuh ke level terendah sejak Oktober 2010, harga platinum juga jatuh ke level terendah sejak Agustus tahun lalu.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut