detikfinance

Berapa Harga Pesawat Kepresidenan RI, Boeing Business Jet II?

Herdaru Purnomo - detikfinance
Jumat, 05/07/2013 10:58 WIB
Berapa Harga Pesawat Kepresidenan RI, Boeing Business Jet II?
Jakarta -Indonesia segera memiliki pesawat kepresidenan untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Tepatnya pada Agustus 2013 nanti, pesawat canggih pabrikan Boeing bertipe Business Jet II akan tiba di tanah air. Berapa harganya?

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Lambock V Nahattands pada tahun 2012 lalu pernah mengungkapkan, pemerintah telah melunasi pembayaran US$ 58,6 juta sekitar Rp 556,7 miliar kepada Boeing Company yang seluruhnya diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun dana sebesar itu baru untuk pembelian green aircraft atau pesawat kosong yang belum dilengkapi dengan interior dan sistem keamanan. Untuk pengerjaan interior kabin, pemerintah menganggarkan dana US$ 27 juta atau sekitar Rp 225,6 miliar. Sedangkan untuk sistem keamanan sebesar US$ 4,5 juta atau mencapai Rp 42,7 miliar.

Dengan demikian, total biaya yang dikeluarkan untuk membeli pesawat kepresidenan mencapai US$ 91 juta atau kurang lebih Rp 864 miliar.

"Ini sesuai rencana, spesifikasi sesuai kebutuhan. Diaudit. Tidak ada kepentingan pribadi. Kalau jadi 2013, maka saya hanya setahun menggunakannya. Namun ini bisa lebih efisien," ujar Presiden SBY dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, awal tahun lalu.

Pihak Garuda Indonesia pernah menjelaskan, Presiden SBY sebelumnya menyewa pesawat jenis 787-800 NG untuk penerbangan domestik. Sedangkan untuk jarak jauh atau internasional menggunakan pesawat pabrikan Airbus jenis A330.

"Nah untuk yang nanti Boeing Business Jet II itu tergantung pemerintah apakah mau menyerahkan ke Garuda Indonesia untuk operasionalnya atau memang ingin mengelola sendiri," jelas sumber di Garuda Indonesia dalam sambungan teleponnya.

Kedatangan pesawat tersebut sudah diakui oleh pihak Boeing. Media Relations Boeing Commercial Airplanes AS Doug Alder ketika dikonfirmasi menyampaikan, pemerintah Indonesia dipastikan telah memesan jenis Boeing Business Jet II.

"Ya, saya bisa pastikan pemerintah Indonesia sudah melakukan order khusus untuk Boeing Business Jet," ungkap Doug kepada detikFinance, yang dikutip, Jumat (5/7/2013).
Mau tahu seperti apa bentuk pesawat in? Klik di sini.
(dru/dnl)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun Selasa, 03/05/2016 06:53 WIB
    CEO Ini Digaji Rp 1 Triliun
    Martin Sorrell, pada 2015 lalu dibayar 70 juta poundsterling (US$ 102 juta) atau lebih dari Rp 1 triliun oleh perusahaannya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut