detikfinance

Jurus Cermat Menyusun Anggaran Bangun Rumah

Rumahku.com - detikfinance
Senin, 04/11/2013 11:02 WIB
Jurus Cermat Menyusun Anggaran Bangun Rumah
Jakarta -Harga material bangunan saat ini sudah melonjak tajam, jika Anda punya rencana anggaran biaya (RAB) membangun rumah pastinya butuh perencanaan serta konsep yang matang.

Agar anda dapat mengetahui kebutuhan biaya yang diperlukan untuk membangun sebuah rumah impian, tentunya Anda harus menghitung kebutuhan biaya material bangunan yang dibutuhkan.

Kebanyakan orang awam dalam menghitung kasar kebutuhan bangunan dengan cara mengalikan luas bangunan dengan harga bangunan per m2. Misalkan luas bangunan 100 m2 dan harga per m2 saat ini = Rp 2.000.000, maka kebutuhan kasar biaya bangunan = 100 x Rp 2.000.000 = Rp 200 juta.

Perhitungan kasar seperti itu cukup membantu dalam rangka mempersiapkan biaya yang diperlukan, namun akurasinya tidak dapat dijadikan dasar yang untuk negosiasi jika pekerjaan pelaksanaan akan dilakukan dengan sistem kerja borongan.

Untuk mendapatkan angka kebutuhan yang akurat tentunya harus melalui langkah-langkah perhitungan sebagai berikut :

  • Menghitung volume atau luas satuan pekerjaan sesuai ukuran gambar, misalnya galian pondasi (m3), pasangan pondasi (m3), pasangan bata merah (m2), beton sloof (m3), beton kolom (m3), lantai (m2), dan lain-lain.
  • Menentukan bahan material yang akan digunakan, diantaranya lantai keramik, rangka atap baja ringan, plafon gypsum, dan lain-lain.
  • Menghitung harga satuan pekerjaan tersebut di atas dengan menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI). AHS-SNI adalah pedoman dan cara menghitung harga satuan pekerjaan.
  • Untuk mengerjakan langkah-langkah di atas sangat mudah bagi Anda yang memiliki dasar pengetahuan arsitektur, tetapi bagi orang awam tentunya memerlukan waktu untuk belajar.

Rumahku adalah media properti online yang memberikan informasi tentang jual beli dan sewa properti seperti rumah dijual, sewa apartemen, dan lainnya, Anda juga dapat dengan mudah memasang iklan rumah dijual gratis di Rumahku.com.

(ang/ang)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI Jumat, 26/08/2016 07:22 WIB
    Wawancara Sekjen KKP
    Laut Natuna Akan Dipenuhi dengan Nelayan RI
    Perairan Natuna menyimpan potensi perikanan yang sangat besar. Kekayaan itu membuat nelayan dari berbagai sering mencuri ikan di wilayah ini. P
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.
  • Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun Jumat, 26/08/2016 18:56 WIB
    Doa Sri Mulyani di Hari Ulang Tahun
    Sri Mulyani genap berusia 54 tahun. Usianya tergolong muda untuk ukuran orang yang berkali-kali menduduki jabatan penting skala nasional dan internasional.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut