detikfinance

Terbang Bersama Pesawat Garuda A330 Bisa Terhubung WiFi

Dewi Rachmat Kusuma - detikfinance
Kamis, 19/12/2013 10:06 WIB
Terbang Bersama Pesawat Garuda A330 Bisa Terhubung WiFi
Jakarta -PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) meluncurkan fasilitas 'Inflight Connectivity' di pesawat A330 secara komersial mulai 20 Desember 2013 yang akan datang pada penerbangan Jakarta–Denpasar (GA406) dan Denpasar–Haneda (GA886).

Dengan hadirnya layanan tersebut, para penumpang Garuda Indonesia, baik di Executive maupun Economy Class, dimungkinkan untuk terhubung ke koneksi internet melalui WiFi selama penerbangan.

Direktur Layanan Garuda Indonesia Faik Fahmi mengatakan, untuk tahap awal layanan tersebut akan diterapkan di 3 pesawat A330-200 dan 1 A330-300 yang dioperasikan Garuda Indonesia.

Nantinya, kata dia, secara bertahap Garuda Indonesia akan mengimplementasikan layanan tersebut pada rute-rute penerbangan domestik maupun internasional yang dilayani dengan seluruh pesawat A330-200 dan A330-300.

"Dengan penandatangan ini secara efektif mulai 20 Desember 2013 fasilitas ini sudah bisa digunakan," kata dia saat acara Penandatanganan Nota Kesepakatan Garuda Indonesia-Telkom Indonesia-OnAir untuk menghadirkan layanan “In-Flight Connectivity” di armada Airbus A-330 series, di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Faik menjelaskan, kehadiran fasilitas “Inflight Connectivity” di pesawat seri A330 merupakan pengembangan dari layanan serupa yang sebelumnya dihadirkan perusahaan di seluruh armada Boeing 777-300 ER yang dioperasikannya.

Pengembangan layanan tersebut sejalan dengan komitmen dan upaya perusahaan untuk terus meningkatkan layanannya kepada para pengguna jasa, terutama pada rute-rute penerbangan jarak menengah maupun jarak jauh yang dilayani Garuda Indonesia.

“Hal ini sejalan dengan program pengembangan “New Service Concept” yang tengah dilaksanakan, termasuk layanan “First Class” yang kami luncurkan kembali dan konsep layanan "Executive Class" dan "Economy Class" baru yang lebih baik,” ujarnya.

Kehadiran layanan ini juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna jasa karena mereka dapat tetap melanjutkan aktivitas bisnis selama penerbangan.

Penyediaan fasilitas “Inflight Connectivity” tersebut merupakan hasil kerjasama antara Garuda Indonesia dan Telkom. Dalam penyediaan fasilitas tersebut, Telkom berperan sebagai penyelenggara layanan internet di pesawat udara Garuda Indonesia sesuai izin yang dikeluarkan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika.

Sesuai regulasi yang berlaku, layanan “Inflight Connectivity” atau koneksi WiFi tersebut hanya dapat digunakan pada saat pesawat berada di ketinggian di atas 10.000 kaki untuk aktivitas browsing internet, social network, e-mail dan instant messaging. Layanan tersebut tidak diperkenankan untuk diaktivasi dan digunakan pada saat pesawat dalam posisi taxi, take off, dan landing.

Aktivasi layanan tersebut dilaksanakan seiring dengan telah diselenggarakannya proses pengujian terhadap layanan “Inflight Connectivity” sebagai bagian dari proses sertifikasi perangkat oleh Direktorat Standarisasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

(drk/dru)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Natuna, Daerah Kaya Sumber Daya yang Diincar China Senin, 18/07/2016 12:05 WIB
    Wawancara Tenaga Ahli Kemenko Maritim
    Natuna, Daerah Kaya Sumber Daya yang Diincar China
    Natuna adalah wilayah yang sangat penting. Bukan hanya kaya akan ikan, Natuna juga menyimpan potensi besar di sektor migas dan pariwisata.
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut