detikfinance

JK: Vietnam Salip RI di Urutan Produsen Kopi Dunia

Muhammad Idris - detikfinance
Sabtu, 13/02/2016 18:26 WIB
JK: Vietnam Salip RI di Urutan Produsen Kopi Dunia Foto: Dikhy Sasra
Bandar Lampung -Sempat jadi produsen kopi terbesar kedua setelah Brasil, posisi Indonesia kini melorot ke posisi 3 pasca disalip Vietnam. Padahal sebelumnya, Vietnam sendiri belajar mengembangkan tanaman kopi dari Indonesia pada tahun 1970-an.

Keprihatinan tersebut diungkapkan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat rapat Pengembangan Kopi Berkelanjutan, di Rumah Jabatan Gubernur Lampung, Bandar Lampung, Sabtu (13/2/2016).

"Pertumbuhan konsumsi kopi dunia setiap tahun naik 15%, di pihak lain produksi kopi kita hanya 1%, bahkan dalam 5 tahun terakhir malah stagnan. Dulu Vietnam 630.000 ton, sekarang Vietnam sudah 1,2 juta ton atau dua kali lipat produksi kita," jelas JK.

Menurut JK, produksi kopi tak banyak berubah sejak dikembangkan pada zaman kolonial. Di sisi lain produktifitas kopi per hektar per tahun masih 600-700 kg. Jauh di bawah produktifitas Vietnam sebesar 1,5 ton per hektar, dan Brasil yang di atas 2 ton per hektar per tahun.

"Dulu produksi kopi Vietnam setahun 630.000, sekarang naik dua kali lipat 1,2 juta ton. Kita masih 600.000 ton dari dulu sampai sekarang. Padahal kita yang lebih dulu, kita yang ajari mereka," kata JK.

Sebagai informasi, meski memiliki luas lahan lahan hampir sama dengan Brasil yakni sebesar 1.246.810 hektar, produksi kopi Indonesia pada tahun 2015 hanya 685.000 ton, jauh di bawah Brazil sebesar 3 juta ton, dan Vietnam 1,32 juta ton. Meski memiliki luas lahan besar, produktivitas rendah per hektar membuat besaran produksi kopi Indonesia masih stagnan.

Hadir dalam rapat tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Gubernur Lampung Ridho Fichardo, dan sejumlah pengusaha dan eksportir kopi Lampung.
(ang/ang)



Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi? Kamis, 24/03/2016 17:19 WIB
    Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Obligasi?
    Memilih investasi yang tepat bukan perkara mudah. Berbagai instrumen investasi ditawarkan mulai dari saham, obligasi, reksa dana, deposito, emas, dan lain-lain.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut