Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Agu 2017 00:00 WIB

Kawasan Industri Cikarang Terbesar di Asia Tenggara

Advertorial - detikFinance
Jakarta -

Cikarang adalah sebuah kota di Kabupaten Bekasi yang terletak 34 km sebelah timur Jakarta. Cikarang yang dikenal sebagai Kota industri terbesar di Asia Tenggara membuka peluang bagi investor untuk berlomba-lomba menanamkan modalnya di sana.

Saat ini Cikarang telah menjadi salah satu pusat industri nasional yang nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Kawasan Industri di Cikarang merupakan kawasan industri yang potensial mengingat sekitar 2.125 unit pabrik 25 negara berlokasi di kawasan tersebut.

Tak heran Cikarang mampu menyumbang sebesar 34,46% Penanaman Modal Asing Nasional, serta 22-45% volume ekspor nasional. Pada 2008 omzet kawasan industri ini mencapai USD 35 miliar dan 70% di antaranya untuk pasar ekspor.

Tercatat tujuh kawasan industri sudah berada di Cikarang, antara lain kawasan industri MM2100, Delta Silicon I, EJIP, BIIE, Jababeka I, Jababeka II, dan Delta Silicon II. Kawasan industri di kota Delta Mas dan Delta Silicon II yang berada di bawah grup Lippo.

Keberadaan kawasan-kawasan industri tersebut secara tidak langsung memantik permintaan akan tempat tinggal yang aman serta strategis bagi ratusan ribu karyawan di dalamnya.

Baru-baru ini Group Lippo tengah sukses menggelar grand launching Meikarta di MaxxBox Cikarang, Jalan Boulevard Utara kawasan Lippo Cikarang, tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia pada Kamis (17/8/2017).

Diresmikannya Meikarta ini diharapkan akan menjadi solusi untuk mengurangi beban kota Jakarta dalam banyak aspek, seperti kepadatan lalu lintas, pergerakan manusia, tata ruang, dan sebagai pusat ekonomi baru.

Pemerintah bahkan bisa merelokasi kementerian/lembaga (K/L) ke Meikarta, menyusul mencuatnya kembali wacana pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta.

Lahirnya kota baru tersebut diharapkan mampu mengurangi beban lalu lintas transportasi Jakarta dan sekitarnya.

Konsep kota baru ini bertujuan agar ke depannya kegiatan bisa dialihkan dari Jakarta ke Meikarta. Masyarakat tidak lagi harus menempuh jarak terlalu jauh karena di Meikarta sudah lengkap fasilitasnya. Kota baru itu pasti akan menurunkan beban Jabodetabek. Sudah saatnya mobilitas Jakarta berpindah ke Meikarta.

Selain Jakarta, Meikarta juga berpotensi mengurangi beban Bandung, karena Meikarta dilewati lintasan rel kereta cepat Jakarta-Bandung, kereta layang LRT dan MRT, pelabuhan laut dalam Patimban, bandara Internasional Kertajati dan toll Jakarta – Cikampek elevated.

Pembangunan kota modern baru berskala internasional Meikarta dengan investasi Rp 278 trilliun ini pun bakal menjadi kota raksasa modern dan terlengkap di Asia Tenggara dan akan menyerupai Senzhen Tiongkok.

Informasi lebih lanjut mengenai Meikarta bisa mengunjungi situs meikarta.com.

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com