Follow detikFinance
Kamis 07 Sep 2017, 00:00 WIB

Tips Menyewakan Apartemen Biar Untung

advertorial - detikFinance
Tips Menyewakan Apartemen Biar Untung
Jakarta -

Apartemen bukan hanya diperuntukkan sebagai hunian, tetapi juga sarana investasi mendulang untung. Biasanya investasi apartemen dijalankan dengan cara para pemilik menyewakan unit apartemen mereka.

Namun bagi Anda para pemilik apartemen yang berinvestasi dengan cara tersebut, sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut.

1. Menjaga kebersihan dan kondisi apartemen. Hindari air yang bocor, lantai kotor, tembok yang kusam.

2. Sampaikan kelebihan dan benefit apartemen sehingga penyewa akan lebih tertarik, contohnya menjelaskan mengenai lokasi yang memiliki akses dekat dengan perkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sekolah. Anda juga bisa menjelaskan tentang kemudahan akses, seperti dekat stasiun kereta, halte TranJakarta, atau jalan tol. Kemudian ceritakan tentang sarana dan akses keamanan selain security internal, dekat juga dengan kantor polisi.

3. Lalu cari tahu range harga sewa apartemen di gedung yang sama atau apartemen lain dekat lingkungan tersebut. Tetapkan harga yang bersaing, jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Pasang harga yang masuk akal. Harga sewa per tahun biasanya berkisar antara 8 – 15% dari harga apartemen. Bila dengan harga Rp 127 juta per unit di apartemen Meikarta, lalu asumsi harga sewa sekitar 15%, maka harga sewa setiap tahun sekitar Rp 19 juta atau lebih.

4. Tentunya harga tersebut sudah dikalkulasikan dengan semua biaya yang mencakup biaya pemeliharaan dan perbaikan jika terjadi kerusakan pada properti selama waktu sewa.

5. Membuat perjanjian untuk menjamin hak dan kewajiban antara pemilik dan penyewa. Sebuah perjanjian sewa biasanya mencakup persyaratan, seperti harga yang harus dibayar, denda jika terlambat membayar, jangka waktu sewa, serta tata cara yang ditempuh jika terjadi perselisihan.

6. Siapkan materi untuk beriklan,. Berikan info bahwa apartemen mengenai apartemen tersebut. Anda yang hendak berinvestasi untuk unit apartemen di Meikarta dapat menjelaskan bahwa pada tahap pertama akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018. Tipenya berbeda-beda, mulai dari tipe Amerika, Eropa, Asia dan Modern.

Apartemen Meikarta Cikarang yang dibangun Lippo Group ini akan memiliki banyak gedung pencakar langit, mulai dari office tower, apartemen Meikarta, shopping mall, rumah sakit, sekolah, hingga hotel.

Fasilitas yang tersedia di apartemen juga menjadi daya tarik tersendiri. Jangan lupa untuk ditampilkan, seperti sarana kebugaran, fitness center, kolam renang, jogging track, taman bermain, minimarket, restoran, kafe, dan fasilitas lainnya akan membuat penghuni apartemen nyaman.

Cantumkan juga kalau Meikarta telah membangun Central Park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektare.

Kemudian pasang iklan di situs-situs jual-beli properti, atau menggunakan jasa agen properti. Manfaatkan jejaring sosial mulai dari WhatsApp, Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

(adv/adv)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed