Follow detikFinance
Senin 11 Dec 2017, 00:00 WIB

Rumah Bocor di Musim Hujan? Ini Pertolongan Pertamanya

Advertorial - detikFinance
Rumah Bocor di Musim Hujan? Ini Pertolongan Pertamanya
Jakarta -

Memasuki musim hujan, beberapa wilayah di Indonesia mulai dilanda cuaca ekstrem. Hampir setiap hari hujan turun dengan intensitas deras hingga sedang. Bahkan di beberapa wilayah, hujan turun disertai petir dan angin kencang.

Puncak hujan dan angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia diprediksi akan berlangsung pada Januari hingga Februari 2018. Dilansir dari detikNews, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Herizal mengungkapkan kondisi musim hujan seperti ini salah satunya disebabkan oleh La Nina di wilayah Samudra Pasifik. Biasanya La Nina akan mulai normal pada Maret atau April 2018.

Selama musim hujan berlangsung, banyak orang mulai waspada dengan kondisi rumah mereka. Selain takut terkena banjir, biasanya kebocoran menjadi masalah nomor satu yang harus segera diatasi. Ada banyak penyebab kebocoran, mulai dari munculnya celah di atap rumah hingga pergeseran genting.

Jika dibiarkan begitu saja, kebocoran akan terus terjadi bila hujan kembali turun di hari berikutnya. Kebocoran rumah memang sangat mengganggu, membuat pikiran tidak nyaman selama bekerja di kantor, bahkan bisa merugikan pemilik rumah karena barang-barang elektronik, lemari, dan cat dinding rentan mengalami kerusakan.

Jangan sampai bocor menjadi bencana menyebalkan yang terus menganggu Anda selama musim hujan berlangsung. Cari tahu titik kebocorannya dan segera lapisi dengan cat pelapis anti bocor yang sudah dipercaya orang Indonesia, yaitu No Drop dari Avian Brands.

Di musim hujan seperti sekarang ini, cat pelapis antibocor No Drop yang bersifat elastis, kedap air, dan tahan di berbagai cuaca sangat berguna untuk melapisi tembok samping rumah, seng/asbes, atap/atap beton, dan talang.

Sebelum diaplikasikan, pastikan permukaan yang akan dilapisi dengan No Drop harus kering, bersih, bebas debu, minyak, dan bahan-bahan kotor lainnya. Sebaiknya hilangkan terlebih dahulu sisa-sisa cat yang terkelupas atau sudah rusak hingga bersih. Lalu bersihkan jamur dan lumut dengan menggunakan Lenkote Biocidal Wash sesuai petunjuk.

Cara penggunaannya sangat mudah. Pastikan produk telah diaduk dan tercampur secara sempurna sebelum digunakan. Anda bisa mengencerkan produk dengan menggunakan air sebanyak 10 - 20% untuk lapisan pertama dan tanpa pengencer untuk lapisan kedua.

Selanjutnya, Anda bisa mengaplikasikan No Drop Bitumen Black sebanyak 2 lapis untuk permukaan galvanis/seng. Sebelumnya, aplikasikan 1 lapis Active primer sebagai lapisan dasar untuk menghasilkan daya lekat yang baik. Setelah kering aplikasikan No Drop Bitumen tanpa pengencer sampai tercapai ketebalan kering minimal 250 micron.

Untuk mempperbaiki retakan/sambungan < 2 mm, aplikasikan 1 lapis No Drop yang diencerkan dengan air ± 10% sebagai cat dasar. Lalu tempelkan No Drop Membrane untuk memperkuat sambungan dan biarkan setengah kering. Terakhir, aplikasikan No Drop tanpa pengencer.

Sekadar informasi, waktu kering cat pelapis antibocor No Drop tergantung dengan sirkulasi udara, suhu ruangan, ketebalan lapisan film cat, serta jumlah lapisan cat. Sebaiknya simpan No Drop dalam wadah tertutup di tempat sejuk dan kering, serta jauhkan dari sinar matahari langsung dan panas yang berlebihan.

https://avianbrands.com/product/lists/cat-pelapis-anti-bocor

#NoBochorBochor

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed