Follow detikFinance
Rabu, 26 Sep 2018 00:00 WIB

DBS Asian Insights: Asia Pusat Megacity di 2020

Advertorial - detikFinance
Foto: dok. DBS Foto: dok. DBS
Jakarta -

Asia akan menjadi kawasan tempat tumbuhnya kota-kota besar dengan populasi di atas 10 juta orang atau megacity pada 2030. Tidak sekadar kota besar, megacity Asia akan ditandai dengan kemakmuran, wahana bagi inovasi dan kreativitas, serta menjadi kota yang layak ditinggali penduduknya.

Kondisi ini sejalan dengan perubahan gaya hidup akibat perkembangan teknologi komunikasi. Smartphone tidak saja mengubah cara orang berkomunikasi, tapi jugacara bertransportasi, belajar, bekerja, berbelanja, hingga berlibur.

"Kami percaya keunggulan kota-kota besar di masa depan ditentukan oleh inovasi, investasi ristek, serta alokasi dana pendidikan yang tinggi," sebut laporan DBS Group Research bertajuk 'Asia Mega Cities in 2030' yang dirilis 10 Juli 2018.

Lebih lanjut DBS Group Research berpendapat, jika di masa lalu kota-kota besar menjadi penarik arus urbanisasi seiring masifnya pembangunan infrastruktur. Di masa depan, megacity akan ditentukan oleh kualitas pertumbuhan ekonomi yang mengedepankan ekonomi hijau. Jadi bukan sekadar penyedia lapangan kerja dan pembangunan fisik semata, tetapi kota besar harus menciptakan kualitas lingkungan hidup yang semakin nyaman dan bebas polusi.

Terkait dengan hal ini, DBS Group Research telah menyeleksi 302 kota besar di Asia yang berpotensi menjadi megacity jenis baru pada 2030. Tiongkok menjadi penyumbang terbanyak kota-kota besar dengan karakteristik baru ini, seperti Shenzen, Ghuangzhou, Shanghai, Nanjing, dan Beijing.

Dari Indonesia, DBS memasukkan Jakarta sebagai calon kota besar yang berpotensi menjadi megacity di masa depan. Namun demikian, ada sejumlah masalah yang harus diselesaikan Jakarta sebagai megacity 2030, mulai dari persoalan kemacetan, banjir, hingga urbanisasi yang dapat menimbulkan masalah sosial baru.

Tingkat populasi yang tinggi akan menjadi tantangan terbesar. Artinya, pemerintah mesti meningkatkan kapasitas dalam penyediaan fasilitas transportasi, perawatan kesehatan, dan pendidikan yang layak bagi penduduknya. Dengan pesatnya pertumbuhan di Indonesia yang disertai perkembangan dan penggunaan tekonologi oleh masyarakat dan pemerintah lokal, tidak tertutup kemungkinan bahwa kota-kota besar lainnya di Indonesia akan turut menjadi megacity Asia di 2030.

Klik di sini untuk hasil riset lainnya go.dbs.com/asianinsights.

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed