Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 31 Okt 2018 00:00 WIB

Rumah Kreatif BUMN Milik BRI Juarai BHUN Awards

Advertorial - detikFinance
Menteri BUMN Rini M Soemarno menyerahkan penghargaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Terbaik kepada Direktur Utama Bank BRI Suprajarto (Foto: dok. Bank BRI) Menteri BUMN Rini M Soemarno menyerahkan penghargaan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Terbaik kepada Direktur Utama Bank BRI Suprajarto (Foto: dok. Bank BRI)
Jakarta -

Rumah Kreatif BUMN (RKB) milik Bank BRI dinobatkan sebagai RKB Terbaik oleh Kementerian BUMN pada penganugerahan BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Awards 2018.

Ajang penganugerahan tersebut digelar di Bontang, Kalimantan Timur pada Senin (29/10/2018) lalu. Apresiasi tersebut merupakan bentuk pengakuan terhadap komitmen Bank BRI yang secara konsisten melakukan pemberdayaan terhadap pelaku UMKM melalui RKB.

"Dengan penghargaan ini, Bank BRI akan semakin terpacu untuk membumikan slogan BUMN Hadir Untuk Negeri, di mana kehadiran perusahaan BUMN tidak hanya untuk kepentingan bisnis semata namun juga memiliki fungsi sebagai pemerataan pembangunan dan peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat," ujar Corporate Secretary Bank BRI, Bambang Tribaroto, dalam keterangan tertulis.

RKB merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sebagai upaya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, khususnya bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

Rumah Kreatif BUMN akan mendampingi dan mendorong para pelaku UMKM dalam menjawab tantangan utama dalam peningkatan kompetensi, peningkatkan akses pemasaran, dan kemudahan akses permodalan.

Rumah Kreatif BUMN Milik BRI Juarai BHUN AwardsBank BRI bersama perusahaan BUMN lain menerima penghargaan BHUN Awards 2018 dari Kementerian BUMN (Foto: dok. Bank BRI)

Hingga akhir Oktober 2018, Bank BRI telah memiliki 53 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 300 ribu UMKM.

Bambang pun menyampaikan bahwa anggota RKB BRI secara berkala mendapatkan pelatihan dan pendidikan terkait UMKM.

"Bank BRI telah menyelenggarakan 826 pelatihan UMKM dari periode Januari hingga akhir Oktober 2018. Hal ini berdampak secara langsung bagi pelaku UMKM di mana saat ini tercatat lebih kurang 4.000 UMKM sudah go online di situs blanja.com," jelas Bambang.

Rangkaian penilaian BHUN Awards 2018 terdiri dari beberapa tahap, di antaranya review self assesment dan laporan, presentasi kegiatan BHUN dan RKB, serta observasi pada media publikasi (website internal, media sosial, media elektronik, dan media cetak). Sedangkan tim penjurian terdiri dari akademisi, internal Kementerian BUMN, dan praktisi CSR.

Selain mendapatkan penghargaan RKB Terbaik dalam ajang BHUN Award 2018, Bank BRI juga mendapatkan penghargaan Juara Terbaik 3 Rumah Veteran.

(adv/adv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com