Antisipasi Kerugian Akibat Banjir, Asuransi Bisa Jadi Solusi

Advertorial - detikFinance
Kamis, 23 Jan 2020 00:00 WIB
Foto: shutterstock
Jakarta - Tak ada seorang pun yang bisa mengetahui dengan pasti kapan bencana akan datang. Namun, setiap orang berpotensi mengalami musibah atau bencana, baik berupa gempa bumi, badai, longsor, gunung meletus, atau banjir seperti yang baru-baru ini terjadi di Jabodetabek pada awal tahun ini.

Meski sulit untuk memprediksi kapan bencana datang, namun setiap orang bisa mengantisipasi dampak buruk akibat bencana dengan memiliki perlindungan dari asuransi. Tak cuma memberi ketenangan bagi masyarakat, produk asuransi juga mengurangi dampak finansial akibat musibah dan bencana.

Untuk mengantisipasi kerugian akibat banjir, berikut beberapa produk asuransi yang dapat menolong Anda untuk meminimalisir kerugian jika menghadapi kondisi banjir.

1. Asuransi Kendaraan

Anda bisa meminimalisir kerugian yang terjadi akibat kendaraan yang tenggelam, rusak, atau hilang terbawa arus banjir dengan memiliki perluasan jaminan banjir di asuransi kendaraan. Selain memberikan perlindungan berupa penggantian biaya perbaikan kendaraan, paket asuransi kendaraan juga menawarkan manfaat berupa evakuasi kendaraan Anda dari daerah yang tergenang.

2. Asuransi Properti

Asuransi ini melindungi properti Anda, seperti rumah atau tempat usaha, dengan memberikan manfaat ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan akibat banjir. Selain memberikan ganti rugi, paket asuransi properti untuk rumah tinggal juga memberikan manfaat berupa evakuasi tertanggung dan keluarga di saat propertinya terendam banjir.

3. Asuransi Perjalanan

Cuaca yang buruk sangat mungkin mempengaruhi rencana perjalanan Anda. Maka tak heran jika hujan yang disertai angin kencang bisa membuat jadwal penerbangan Anda tertunda atau perjalanan Anda terganggu. Untuk meminimalisir kerugian yang timbul dalam perjalanan Anda akibat bencana alam atau cuaca buruk, pilihannya Anda dapat memiliki asuransi perjalanan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, Anda bisa memperoleh kompensasi atas tertundanya jadwal penerbangan, penggantian tiket atau akomodasi perjalanan apabila perjalanan Anda terganggu atas sebab yang dijamin polis, biaya pengobatan jika Anda mengalami sakit atau kecelakaan selama perjalanan dan santunan rawat inap. Selain itu, asuransi ini akan menjamin jika Anda mengalami penundaan bagasi, kehilangan atau kerusakan bagasi, dan sebagainya sesuai dengan plan yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

4. Asuransi Jiwa

Jangan remehkan akibat buruk yang bisa diakibatkan oleh banjir. Tak cuma merusak harta benda dan materi, banjir juga bisa mengakibatkan seseorang jatuh sakit, bahkan kehilangan nyawanya. Itu sebabnya, salah satu persiapan yang perlu Anda lakukan dalam mengantisipasi bencana adalah dengan melindungi diri Anda dan keluarga dengan asuransi jiwa. Dengan memiliki asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan dapat memperoleh Uang Pertanggungan (UP) yang bisa digunakan sebagai bekal untuk melanjutkan hidup jika pencari nafkah tutup usia.

Bencana seperti banjir datang begitu cepat sehingga sulit dicegah. Namun, Anda bisa meminimalisir kerugian yang dapat timbul akibat banjir dengan memiliki asuransi. Manfaat yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi memungkinkan Anda untuk menghadapi banjir dengan tenang, sehingga Anda bisa fokus menolong keluarga tercinta.

Sebagai salah satu penyedia asuransi terpercaya, Allianz Utama Indonesia terus berkomitmen melindungi para pemegang polis dalam berbagai situasi, termasuk saat bencana terjadi.

"Kami sadar bahwa bencana bisa datang kapan saja, bisa menimpa siapa saja, serta dapat menimbulkan kerugian materiil bagi korban. Untuk itulah Allianz Utama Indonesia hadir dengan ragam perlindungan dan layanan untuk memberikan ketenangan (peace of mind) bagi masyarakat serta mengurangi dampak finansial yang timbul dari bencana alam yang terjadi," ujar Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Peter van Zyl.

Peter melanjutkan, perlindungan yang disediakan Allianz Utama Indonesia ini meliputi tak hanya tersedia untuk nasabah, tetapi juga untuk keluarga nasabah dan aset berharga.

Tak ada seorang pun yang ingin mengalami bencana. Namun, setiap orang bisa mencegah dampak buruk akibat bencana.

Mari, lindungi diri Anda dan orang tercinta dari kerugian akibat bencana dengan memiliki asuransi. (adv/adv)