9 Tips Pilih Kampus Idaman di Tengah Pandemi

Advertorial - detikFinance
Selasa, 08 Sep 2020 00:00 WIB
adv yai
Dok. YAI Campus
Jakarta - Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai di seluruh dunia, membawa dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan khususnya dunia pendidikan. Selain mengganggu kalender akademik, pandemic COVID-19 juga telah mengubah pola belajar mengajar yang awalnya bersifat tatap muka menjadi jarak jauh via daring (online).

Bagi generasi milenial yang baru saja lulus SMA dan sedang mencari Kampus tentunya perlu mempertimbangkan beberapa hal di tengah pandemi ini agar proses perkuliahan berjalan lancar. Lantas, bagaimanakah tips dalam memilih kampus yang tepat bagi calon mahasiswa baru? Berikut tips versi Y.A.I Campus

1. Akreditasi

Ini menjadi pertimbangan utama mahasiswa dalam memilih kampus karena akreditasi dapat menjadi pertimbangan khususnya saat memasuki dunia kerja. Di saat pandemi ini, kalian tetap dapat menelusuri tentang Kampus yang telah terakreditasi melalui situs BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Akreditasi BAN-PT untuk seluruh program studi dan Akreditasi Institusi ini penting sebagai penjaminan mutu suatu Kampus dan dapat menjadi persyaratan juga saat ingin melamar pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil maupun karyawan swasta.

2. Fasilitas dalam kampus dan lingkungan sekitar

Fasilitas yang mumpuni tentu akan menunjang proses perkuliahan kamu. Pastikan Kampusmu memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti laboratorium, auditorium, perpustakaan ataupun lahan parkir.

Selain itu, fasilitas umum di sekitar Kampusmu juga bisa dijadikan bahan pertimbangan seperti stasiun terdekat ataupun halte bus agar nantinya kamu tidak perlu pusing-pusing memikirkan transportasi ke Kampus.

3. Beasiswa

Hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih Kampus yakni Program Beasiswa. Kalian harus mencari tahu apakah kampus kalian menawarkan beasiswa bagi mahasiswa baru ataupun saat kalian menempuh pendidikan nantinya. Beasiswa yang dimaksud dapat berupa beasiswa akademik, beasiswa nonakademik dan beasiswa alumni.

4. Program Studi

Ini tidak kalah pentingnya, sebab kampus yang baik tentunya memiliki program studi yang beragam seperti manajemen, ilmu komunikasi, teknik, psikologi, akuntansi, ataupun kelas internasional. Pastikan program studi yang dipilih sesuai dengan minat, bakat dan passion kalian agar nantinya dapat mendukung cita-cita kalian saat masuk ke dunia kerja.

5. Lokasi Kampus

Hal ini biasanya juga menjadi pertimbangan si calon mahasiswa sendiri, kenapa? Karena lokasi kampus yang strategis akan menunjang kebutuhan dan kemudahan bagi mahasiswa itu sendiri terutama saat menjalani perkuliahan. Jika kalian tinggal di kota besar seperti Jakarta misalnya, alangkah baiknya jika kalian memilih Kampus yang terletak di pusat kota.

6. Aktivitas Kemahasiswaan

Keaktifan kamu di kampus nantinya juga bisa menjadi tolak ukur saat kamu bekerja, lho. Maka dari itu, pastikan kampus impianmu memiliki aktifitas kemahasiswaan yang beragam seperti organisasi kemahasiswaan, kegiatan olahraga ataupun seni. Jika kampusmu memiliki banyak aktifitas kemahasiswaan, tentunya kamu akan memiliki pilihan kegiatan lain di luar dari kegiatan akademik perkuliahan.

7. Program Waktu Perkuliahan

Hal ini juga harus kalian perhatikan karena program waktu tentunya akan sangat membantu khususnya bagi kalian yang kuliah sambil bekerja. Nah, kampus yang baik tentunya juga memiliki banyak program waktu perkuliahan yang fleksibel dari segi waktu kuliah.

Di tengah pandemi ini, yang tak kalah penting adalah program e-learning, pastikan kalian bergabung dengan kampus yang sudah memiliki sistem teknologi informasi yang mumpuni sehingga mampu menunjang proses pembelajaran jarak jauh tanpa perlu datang langsung ke kampus.

8. Program pembayaran uang kuliah

Kemudahan pembayaran uang kuliah tentunya merupakan hal yang penting banyak calon mahasiswa terutama bagi orang tuanya. Hal ini patut juga jadi pertimbangan kalian di mana kalian juga harus aktif cek ke kampus idaman kalian, apakah Kampus tersebut memiliki kemudahan pembayaran uang kuliah dengan sistem cicilan ataupun pembayaran uang kuliah secara berkala setiap bulannya. Jikalau Kampus yang kalian inginkan memiliki program di atas, ke depannya pasti akan meringankan orang tua kalian, lho!

9. Pelatihan dan Bursa kerja

Kampus yang baik biasanya akan menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan agar nantinya dapat memudahkan mahasiswanya dalam mencari lapangan pekerjaan. Nah, bursa kerja di Kampus patut juga kamu perhatikan agar nantinya saat kamu menjalani magang ataupun saat kamu lulus kuliah, kamu tidak perlu bingung-bingung mencari kerja lagi. Bursa kerja di Kampus sendiri biasanya bisa kamu cek secara online ataupun bisa dilihat di mading-mading yang terdapat di Kampus.

Itulah tips-tips yang bisa kalian pertimbangkan dalam memilih kampus yang tepat. Kalian harus tetap menjaga semangat dan motivasi untuk menempuh pendidikan walaupun di tengah pandemi. Dalam hal ini Y.A.I Campus dapat menjadi pilihan utama bagi kalian karena Y.A.I Campus memiliki semua kriteria di atas. Segera daftarkan diri kalian secara langsung maupun online di pmb.yai.ac.id atau hubungi Front Office Pendaftaran di 021-3916000 atau 0878 5333 1972. (adv/adv)