Pakai TikTok For Business Bisa Buat Bisnis Makin Cuan! Begini Caranya

Advertorial - detikFinance
Rabu, 16 Sep 2020 00:00 WIB
adv tiktok
Foto: Shutterstock
Jakarta - Perkembangan bisnis di dunia dipengaruhi oleh beberapa faktor penting, salah satunya aktivitas pemasaran atau marketing yang merupakan kunci untuk sebuah bisnis sukses. Bagaimana tidak, kegiatan marketing adalah sebuah aktivitas yang dapat menentukan apakah sebuah produk atau jasa bisa diterima dan dikenal oleh masyarakat.

Kegiatan marketing biasanya dilakukan untuk meningkatkan brand awareness di masyarakat, sehingga bila sebuah brand ingin diketahui oleh masyarakat, harus mampu menciptakan sebuah kegiatan marketing yang unik dan kreatif. Saat ini, salah satu wadah yang kerap digunakan adalah internet yang sudah mudah diakses.

Berbicara soal internet maka tak akan jauh-jauh dari platform digital dan sosial media yang sudah menjamur di masyarakat yang di mana itu semua bisa dijadikan wadah untuk kegiatan marketing. Namun, bila merujuk pada platform digital yang sedang hype saat ini, maka TikTok adalah juaranya.

TikTok merupakan platform destinasi video singkat yang punya misi membawa kebahagiaan dengan menjadi tempat untuk mengekspresikan kreativitas bagi semua penggunanya. Dengan fitur editing tools yang lengkap, user mampu menghasilkan video singkat dengan mudah.

TikTok juga menjadi tempat yang inklusif untuk siapapun untuk saling menginspirasi, termasuk brand. Sebagai platform digital yang sedang berkembang pesat saat ini, TikTok ingin mengajak para pelaku bisnis di seluruh dunia, khususnya Indonesia untuk tetap bangkit dan maju dengan menghadirkan solusi baru dalam dunia periklanan, yaitu TikTok for Business.

TikTok for Business bakal memberikan berbagai peluang menguntungkan bagi pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) karena TikTok memiliki komunitas yang tersebar di seluruh dunia, sehingga para pelaku UKM dapat membangun brand dengan menjangkau segmentasi yang lebih luas serta menjalin interaksi dengan anak muda melalui konten unik dan imersif.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai TikTok for Business, antara lain:

Mulailah Buat Akun

Mulailah untuk membuat akun TikTok for Business dengan mengunjungi www.tiktok.com/business, kemudian ikuti langkah berikutnya. Setelah itu hal yang perlu diketahui selanjutnya adalah bahwasanya TikTok merupakan wadah dengan tiga struktur iklan, yaitu kampanye, grup iklan dan iklan.

Membuat Sebuah Kampanye

Untuk memulai sebuah aktivitas marketing di TikTok, pilihlah terlebih dahulu tujuan dari iklan yang ingin dibuat, ada tiga pilihan yang tersedia yaitu jangkauan, instalasi app dan konversi. Setelah itu tetapkan batas anggaran untuk mengendalikan jumlah pengeluaran dari iklan Anda.

Setelah melakukan pengaturan, pilihlah beberapa Ad Group yang merupakan kumpulan iklan yang serupa dalam suatu kampanye. Masing-masing iklan memiliki penempatan (placement), target sasaran (target audiens), jadwal (schedule), optimasi tujuan (optimisation goals), dan pilihan penawaran (bid options) yang sama. Setelah itu tentukan optimasi tujuan (optimisation goals) untuk menentukan berapa kali iklan yang dibuat ditampilkan.

Setelah itu buatlah iklan yang bisa berupa teks, video, atau gambar yang nantinya iklan-iklan tersebut dapat disatukan dan dimasukan ke dalam grup iklan.

Mendesain Iklan yang Kreatif

Lalu bagaimana sih caranya membuat sebuah iklan yang menarik dan membekas di setiap mata yang melihatnya? Tenang saja, TikTok mempunyai sebuah langkah mudah untuk mendesain sebuah iklan yang kreatif yaitu dengan langkah ABCDE, apa saja itu?

  • A: Aktifkan interaksi pengguna dengan call to action (CTA) melalui fitur interaktif TikTok
  • B: Bridge atau komunikasi antara brand dan pengguna dengan konten yang alami dan otentik
  • C: Collaborate atau kolaborasi, cobalah berkolaborasi dengan kreator, mitra, dan pengguna TikTok untuk meningkatkan buzz pada brand
  • D: Draw (Tarik) perhatian pengguna dengan pesan langsung, berkesan dan juga menarik
  • E: Evolve (Evolusi) brand untuk menghadapi perubahan yang ada

Iklan Video dalam Feed

Dalam membuat sebuah iklan video di feed TikTok ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan, ini karena video yang ada di feed akan sesuai dengan target audiens dan tidak akan muncul di bagian lain dari aplikasi. Adapun hal-hal tersebut antara lain.

  • Memilih iklan video dalam feed saat proses lelang
  • Memilih tujuan iklan (Ad Objectives): Proses ini mencakup 2 langkah yaitu instalasi app, di mana campaign akan dioptimalkan secara otomatis untuk konversi yang terfokus pada instalasi app serta mengoptimalkan app untuk mendapatkan traffic pada iklan.
  • Memilih metode bidding: Ada 3 metode yang disediakan oleh TikTok, antara lain biaya per mile, biaya per click, dan juga biaya per view.

Spesifikasi Iklan di TikTok

Untuk membuat sebuah iklan video TikTok, ada sebuah standar iklan yang harus diketahui, antara lain:

  • Ukuran file iklan kurang atau maksimal 500 MB
  • Durasi video 5-60 detik, dengan durasi optimal 9-15 detik
  • Bitrate video >512KBPS
  • Setiap video iklan harus memiliki komposisi kreatif video plus image tampilan iklan termasuk nama brand dan juga penjelasan.

Dengan memanfaatkan TikTok for Business, bisnis dari segala ukuran termasuk UKM dapat dengan mudah menggunakan TikTok sebagai media untuk memasarkan produk atau jasa mereka. TikTok juga menawarkan solusi iklan untuk memenuhi berbagai tujuan bisnis dan pemasaran mulai dari meningkatkan awareness, loyalitas brand, hingga mendorong penjualan online dan pemasangan aplikasi. Sebuah peluang bisnis yang sangat bagus untuk dicari tahu lebih lanjut. Untuk memulainya atau mengetahui info lainnya, bisa dilihat selengkapnya di sini.

[Gambas:Youtube]

(adv/adv)