AIAPedia: Yuk Kenali Produk Asuransi Unit Link dan Manfaatnya

Advertorial - detikFinance
Selasa, 27 Apr 2021 00:00 WIB
aia
Foto: Dok. AIA
Jakarta -

Meski akrab di telinga, namun mungkin masih ada yang belum memahami mengenai produk asuransi unit link. Terutama jika membahas perbedaannya dibandingkan dengan produk asuransi tradisional.

"Pada dasarnya, Produk Asuransi Unit Link adalah produk Asuransi Jiwa yang memiliki manfaat, memberikan proteksi Asuransi Jiwa dan memiliki nilai investasi, di mana nilai investasi tersebut tidak dijamin dan dapat berubah tergantung perkembangan pasar modal," ujar Financial Planner, Aidil Akbar.

Aidil menjelaskan selain manfaat double yaitu proteksi dan investasi, produk asuransi unit link juga bisa ditambahkan dengan perlindungan asuransi tambahan (riders) sesuai kebutuhan masing-masing. Lalu, apa bedanya dengan asuransi tradisional?

Untuk membandingkan perbedaannya, alangkah baiknya simak cerita dari salah seorang pegawai di perusahaan startup Jakarta, Tari berikut ini.

Tari saat ini sudah menikah dan punya satu orang anak, ia juga merupakan anak satu-satunya di keluarga. Dia merasa ingin melindungi orangtuanya dari beban pembiayaan terhadap suatu risiko kesehatan sekaligus memanfaatkan pendapatan tetapnya dengan lebih baik, sehingga ia mendaftarkan orangtua dan dirinya ke produk asuransi.

"Karena kita beda umur dan beda tujuan hidup. Untuk orang tua, aku merasa yang penting mereka terlindungi dari berbagai macam risiko, jika terjadi apa-apa. Maka dari itu, aku pilihlah produk asuransi perlindungan," kata Tari.

aiaFoto: Dok. AIA

"Sementara untuk aku sendiri, yang masih punya mimpi serta tujuan tertentu, aku memilih Produk Asuransi Unit Link. Menurutku, produk ini cocok karena sebagian premi yang aku bayar tidak hanya mendapatkan manfaat asuransi tapi juga akan masuk ke rekening investasi di mana asuransinya sendiri dapat ditambahkan sewaktu-waktu," lanjutnya.

Menurut Tari pemilihan produk asuransi unit link membuat polis asuransinya lebih fleksibel. Pasalnya di masa depan tidak ada yang tahu, mungkin sewaktu-waktu kebutuhan yang Tari perlukan bertambah. Dengan memiliki masing-masing produk asuransi tersebut, dia dan orangtua merasa lebih terlindungi dari risiko yang akan di-cover dari produk asuransi yang dipilih.

"Dari pengalaman ini, aku jadi paham banget pentingnya untuk tahu jenis produk asuransi mana yang cocok untuk kebutuhan," imbuhnya.

"Jangan lupa cari tahu ya apa yang kamu butuhkan, supaya kamu bisa memilih produk asuransi yang paling sesuai," pesan Aidil.

Aidil mengatakan jika masih belum tahu apa yang kamu butuhkan? Coba pikir-pikir lagi sambil mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya. Karena pada akhirnya semua produk asuransi memiliki manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda. Ingat pula, tidak ada yang 'lebih baik' dari yang lainnya.

Hal penting yang perlu diperhatikan menurut Aidil adalah produk asuransi yang kamu pilih memenuhi kebutuhanmu dan bisa membantumu mencapai tujuan hidupmu. Jika kamu sudah siap menentukan, saatnya hubungi tenaga pemasar atau mitra bank kamu.

"Perlu diingat juga, karena Produk Asuransi Unit Link menggabungkan antara perlindungan dan berinvestasi, di mana investasi mengandung resiko dan nilai investasi tersebut bisa berubah tergantung dari pergerakan pasar modal. Sehingga, ketentuan dan persyaratan produk asuransi ini sedikit lebih rumit dibandingkan produk asuransi perlindungan," sambung Aidil.

Aidil menyarankan untuk mencari tahu perbedaan dari masing-masing produk asuransi termasuk juga biaya-biaya yang terkait pada produk tersebut, serta cocokkan produk asuransi tersebut dengan kebutuhan kamu agar bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang dipilih.

"Jadi, sebelum melakukan tindakan apapun terkait asuransi ini, pikirkan dengan sangat matang, ya!" pungkasnya.

Simak terus informasi terbaru mengenai asuransi di AIAPedia melalui Instagram @aiaindonesia.

(adv/adv)