Tren Beli Mobil Secara Online, Apa Sih Keuntungannya?

Advertorial - detikFinance
Jumat, 17 Des 2021 00:00 WIB
adv adira
Foto: Shutterstock
Jakarta - Masa pandemi membuat segala transaksi mulai dilakukan secara online, tak terkecuali mobil. Apalagi tren belanja mobil online dinilai masih meningkat di masa pandemi kali ini, seiring banyaknya orang yang ingin mempunyai mobil.

Apalagi, pemerintah telah memberikan diskon PPnBM untuk beberapa jenis mobil semakin mendorong masyarakat untuk mempunyai mobil baru. Di tahun 2019, Gaikindo dalam laman resminya mengatakan berbagai produsen mobil kini sudah memberikan layanan pembelian mobil secara online.

Seperti Mitsubishi dan Daihatsu yang sudah mulai menerapkan pembelian secara online. Ada juga Toyota yang menerapkan Toyota Live Showroom sebuah layanan digital untuk konsumen Toyota dalam mendapatkan mobil yang baru.

Sementara itu, tren jual beli di Indonesia menunjukkan tren positif meski terdampak pandemi COVID-19. Dilansir dari Antaranews, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengumumkan hasil penjualan mobil baru secara wholesales sepanjang semester satu 2021, sebanyak 393.469 unit mobil.

Hasil penjualan ini ditopang oleh relaksasi pajak dan upaya perusahaan merambah sektor digital, sehingga penjualan mobil mampu melonjak jika dibandingkan penjualan periode yang sama tahun lalu sebesar 260.932 unit, atau naik 50,7 persen secara year-on-year.

Lalu apa sih keuntungannya beli mobil secara online?

Dilansir dari Autos, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan salah satunya yaitu dapat melihat perbandingan harga dari satu dealer ke dealer lainnya tanpa harus keluar dari rumah. Bahkan tak menutup kemungkinan harga yang dibayarkan secara online bisa lebih rendah dari harga yang diberikan secara langsung.

Lewat transaksi online, para dealer juga dapat memberikan tawaran yang terbaik untuk para konsumennya. Kemungkinan juga dealer bisa memberikan diskon-diskon tambahan bagi yang membeli mobil secara online.

Keuntungan lainnya adalah konsumen dapat membandingkan satu tipe mobil dengan tipe lainnya dari review orang-orang atau pembeli yang sudah pernah membeli mobil tersebut. Review-review tersebut bisa dijadikan acuan untuk membeli mobil secara online.

Terakhir belanja online bisa menjadi penghemat waktu yang sangat besar. Alih-alih mengemudi ke enam dealer dan menguji-mengemudi beberapa merek dan model yang berbeda, konsumen dapat melakukan semua penelitian secara online dan tahu persis apa yang Anda inginkan.

Dengan berbelanja online konsumen dapat menghemat waktu dan uang sambil berbelanja ratusan dealer dan sekaligus menghindari kerumitan dan tawar-menawar yang terkait dengan membeli mobil baru atau bekas.

Ketika membeli mobil secara online sudah menjadi pilihan, tentu diperlukan pembayaran yang terjamin dan juga aman. Untuk yang satu ini, konsumen dapat memilih salah satu solusi keuangan yang disediakan Adira Finance.

Caranya pun mudah, karena pengajuan kredit mobil atau pembiayaan baru dari Adira Finance dapat dilakukan melalui aplikasi adiraku. Plus, aplikasi adiraku baru-baru ini mendapatkan pemutakhiran dengan hadirnya versi 2.0, yang diperkenalkan pada perayaan HUT ke-31 Adira Finance pada 13 November 2021 lalu.

Pembaruan aplikasi ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mencari solusi keuangan lewat Adira Finance. Versi terbaru ini memiliki lebih banyak manfaat, karena menyediakan semua layanan yang ada di kantor cabang Adira Finance ke dalam aplikasi, sehingga dapat digunakan oleh pelanggan maupun calon pelanggan Adira Finance.

Dengan adanya pemutakhiran tersebut, masyarakat akan dapat lebih mudah mengakses produk solusi keuangan dari Adira Finance, mulai dari pengajuan kredit mobil, kredit motor, cari handphone dan laptop, hingga fasilitas dana multiguna untuk kebutuhan dana tunai.

Untuk yang sedang mencari mobil, pada aplikasi adiraku tersedia katalog dari momobil.id yang memungkinkan masyarakat mencari dan memilih kendaraan idamannya, dan langsung mengajukan kreditnya dalam satu aplikasi.

Promo Harbolnas Adira Finance

Selama periode 12-20 Desember 2021 ini, Adira Finance juga menggelar promo Harinya Belanja Online Nasional (Harbolnas). Selama promo berlangsung, pelanggan yang melakukan pembayaran tepat waktu atau mengajukan pembiayaan/kredit baru melalui aplikasi adiraku, berkesempatan mendapatkan cashback hingga 2 juta adirapoin.

Selain itu, tersedia juga kesempatan meraih undian berhadiah sepeda motor dan logam mulia. Di Adiraku, pelanggan Adira Finance dapat melihat informasi pengingat jatuh tempo, besarnya angsuran, riwayat transaksi, hingga membayarkan angsurannya.

Lalu untuk calon pelanggan, adiraku dapat digunakan untuk melihat informasi penawaran spesial, hingga promo yang ditawarkan Adira Finance. Informasi tersebut dapat membantu pelanggan maupun calon pelanggan untuk mendapatkan promo secara tepat waktu, hingga memanfaatkan promo yang sayang dilewatkan.

Adapun beberapa fitur terbaru yang ada dalam Adiraku 2.0 antara lain Registrasi & Order Tracking untuk Masyarakat Umum, Pengajuan Kredit Multiguna/Pinjaman Dana Digital, Katalog dan Pengajuan Kredit Kendaraan Baru atau Bekas, Kredit Gadget, Elektronik dan Furniture, dan lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan Adirapoin.

Jadi selain katalog mobil, adiraku juga menyediakan katalog untuk motor dari momotor.id. Selain itu, bagi yang ingin berbelanja gadget seperti handphone atau laptop, dapat juga memilih dari katalog gadget yang terhubung dengan berbagai toko e-commerce.

Pengguna juga dapat mencari alat elektronik maupun furniture kebutuhan rumah tangga secara online. Bagi masyarakat yang lebih suka membeli barang-barang tersebut dari toko bisa juga mengajukan pembelian secara kredit dari adiraku. (adv/adv)