Mau Kredit Mobil? Pastikan Kalian Perhatikan Beberapa Hal ini

Advertorial - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 00:00 WIB
Adira
Foto: Shutterstock
Jakarta - Memiliki mobil pribadi bisa dikatakan telah menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi bagi kalian yang kerap berpergian jauh, liburan antar kota, atau berprofesi sebagai pengemudi taksi daring, maka kendaraan pribadi tentunya menjadi sebuah keharusan.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pembayaran dengan sistem kredit masih menjadi pilihan favorit bagi masyarakat untuk membeli mobil pribadi. Wajar saja jika skema pembelian tersebut masih diminati oleh banyak orang. Pasalnya, skema tersebut memiliki banyak keuntungan, karena masyarakat bisa memiliki kendaraan dengan uang muka yang ringan, mendapatkan mobil dalam waktu cepat, dan mengatur keuangan sesuai kebutuhannya.

Meskipun menghadirkan keuntungan, ada beberapa hal yang mesti kalian perhatikan sebelum mengajukan kredit mobil.

Paham Besaran Uang Muka

Langkah pertama yang mesti dilakukan sebelum pengajuan kredit mobil yakni memperhatikan besaran uang muka. Usahakan sebisa mungkin kalian memberikan uang muka dengan nominal yang besar. Kalian akan bisa mendapatkan tenor yang relatif pendek dan mengurangi besaran angsuran setiap bulannya.

Jika belum memiliki cukup dana untuk uang muka yang besar, coba ajukan kredit dengan skema tenor yang lebih lama agar mengurangi nilai angsuran per bulannya.

Ingat, yang penting jangan sampai nilai angsuran lebih besar daripada kemampuan.

Finansial Kalian Harus Mendukung

Melihat kondisi finansial pribadi menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum mengajukan kredit mobil. Pastikan finansial kalian cukup untuk mengambil skema tersebut dan tidak mengganggu kebutuhan pokok lainnya.

Idealnya, jumlah angsuran perbulan tidak melebihi 30% dari total penghasilan perbulan kalian. Dengan formula tersebut, kalian masih bisa menyisihkan dana tersisa untuk memenuhi beragam kebutuhan.

Pastikan Riwayat Keuangan Kalian Aman

Memastikan riwayat keuangan kalian aman sangat penting untuk diperhatikan. Sebab kreditur atau pihak yang memberikan kredit akan meminta data Informasi Debitur Individual (IDI) Historis, yang berisi informasi kredit seseorang. Aktivitas ini dikenal sebagai BI checking. Agar lolos BI checking kalian harus pastikan tidak memiliki riwayat masalah apapun terkait tunggakan.

Pilih Lembaga yang Meyakinkan

Saat ini, lembaga pengajuan kredit tengah berjamur dengan memberikan beragam keuntungan dan kemudahan bagi masyarakat. Meskipun mendapatkan banyak pilihan, namun kalian dituntut cermat dalam memilih lembaga penyalur kredit.

Pastikan lembaga yang dipilih memiliki reputasi baik, terpercaya, dan kredibel, seperti Adira Finance. Perusahaan multifinance terkemuka yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain mampu memberikan kepercayaan, Adira Finance juga menghadirkan kemudahan bagi kalian yang ingin mengajukan kredit mobil melalui aplikasi adiraku.

Adira

Aplikasi adiraku telah mengalami pembaharuan dengan hadirnya versi 2.0, yang diperkenalkan pada HUT ke-31 Adira Finance. Pembaruan ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mencari solusi keuangan. Pembaharuan ini memungkinkan aplikasi adiraku bisa digunakan pelanggan maupun calon pelanggan Adira Finance.

Aplikasi adiraku juga mempermudah kalian untuk melakukan pengajuan kredit motor dan mobil. Sebab, tersedia katalog dari momobil.id dan momotor.id yang berisi berbagai mobil dan motor, baik baru atau bekas. Katalog ini mempermudah kalian untuk mendapatkan pilihan beragam kendaraan impian. Setelah pilih kendaraan idaman, langsung ajukan kreditnya di aplikasi adiraku.

Tak hanya menghadirkan katalog, aplikasi adiraku juga bisa mempermudah kalian untuk mengetahui informasi jatuh tempo, besaran angsuran, riwayat transaksi, dan melakukan pembayaran.

Apakah hanya untuk kredit motor dan mobil saja? Tenang, kalian para pengguna juga bisa mengajukan kredit laptop, smartphone, hingga peralatan elektronik dan produk durables.

Selain itu, ada juga fasilitas pinjaman dana multiguna yang dapat digunakan untuk kebutuhan modal usaha, renovasi rumah, atau biaya nikah dan sekolah anak. Pengajuannya cukup dengan jaminan BPKB mobil atau motor.

Kemudian, aplikasi adiraku juga memberikan reward langsung kepada pengguna berupa adirapoin, baik saat registrasi dan aktivitas transaksi, seperti pengajuan kredit atau pembayaran angsuran. Tambahan Adirapoin juga bisa ditapatkan dengan memainkan game di aplikasi adiraku.

Adirapoin yang terkumpul dapat digunakan untuk mengurangi biaya angsuran, atau ditukarkan dengan voucer yang dapat digunakan untuk berbelanja, bayar listrik, atau pulsa.

Manfaat dari aplikasi ini pun tidak berhenti sampai di sini. Para pengguna adiraku juga bisa mendapatkan beragam informasi penawaran spesial dan promo yang pastinya sangat menggiurkan.

Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai kehebatan dari aplikasi adiraku 2.0 bisa langsung mengklik tautan di sini. (adv/adv)