Follow detikFinance
Selasa, 11 Apr 2017 16:23 WIB

Ini Daftar Stasiun yang Dilewati Kereta Bandara Soetta

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Setelah dikebut pengerjaannya, Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ditargetkan bisa beroperasi pada Juli 2017. Stasiun awal keberangkatan untuk tahap awal ditetapkan di Stasiun Sudirman Baru.

Direktur Utama PT Railink, Heru Kuswanto, menuturkan selain dari stasiun keberangkatan awal, penumpang bisa naik kereta bandara dari stasiun pemberhentian lainnya yakni Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper.

"Stasiunnya dari Sudirman berhenti di Duri dan Batu Ceper," jelas Heru, ditemui di Jakarta Railway Centre, Juanda, Jakarta, Selasa (11/4/2017).

Sementara jika proyek peron khusus untuk kereta bandara di Stasiun Manggarai sudah rampung, maka stasiun keberangkatan akan digeser ke Stasiun Manggarai yang diperkirakan baru akan selesai Oktober 2017 nanti.

"Tahap pertama berangkat dari Stasiun Sudirman Baru. Karena Manggarai masih ada pekerjaan konstruksi untuk jalur simpang susun rel. Jadi Manggarai belum bisa dipakai untuk penumpang kereta bandara dulu," ujarnya.

Sesuai dengan kalkulasi Railink, untuk harga tiketnya sendiri direncanakan di atas Rp 100.000 dari stasiun keberangkatan awal. Sementara untuk harga tiket yang berangkat dari stasiun selanjutnya seperti Duri dan Batu Ceper masih belum diperhitungkan.

"Kami masih hitung tarifnya berapa kalau misal naik dari (Stasiun) Duri atau Batu Ceper. Bisa lebih rendah, tapi kalau tidak jauh beda harganya, kemungkinan tarifnya disamakan," ungkap Heru.

Sementara untuk rencana penggunaan Stasiun Jakarta Kota, baru akan diputuskan nanti setelah dilakukan evaluasi pengoperasian kereta bandara tahap pertama.

"Kita fokus dulu untuk yang dari Manggarai, nanti diputuskan setelah evaluasi dan melihat keinginan masyarakat, apakah perlu ada dari (Stasiun) Kota," pungkas Heru. (idr/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed