Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Jun 2017 10:55 WIB

Ada Terminal Helikopter, ke Bandara Soetta Bisa Naik 'Taksi Udara'

Fadhly F Rachman - detikFinance
Foto: dok. Whitesky Aviation
Tangerang - Terminal helikopter atau heliport pertama di Indonesia mulai dibangun hari ini. Lokasinya di Tegalsari, Tangerang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pagi ini melakukan groundbreaking heliport tersebut.

Dengan adanya heliport ini, masyarakat di kawasan Jabodetabek hingga Bandung bisa ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dengan menyewa helikopter alias 'taksi udara'. Demikian juga sebaliknya, dari Bandara Soetta bisa pulang ke rumah pakai helikopter.

Direktur Utama Whitesky Aviation, Denon Prawiraatmadja, pembangunan terminal helikopter ini merupakan yang pertama dan merupakan terbesar di Indonesia.

"Sebagaimana Jakarta merupakan kota metropolitan, berbagai upaya sudah dilakukan Kementerian Perhubungan dan Pemda untuk mengurai kemacetan, yang pada kegiatan tertentu harus mengakses penerbangan di Bandara Soetta. Kami hadir di sini sebagai alternatif menggunakan helikopter," kata Denon di lokasi, Tangerang, Rabu (7/6/2017).

Lebih lanjut Denon mengatakan, pembangunan heliport dilakukan di atas lahan seluas 2,8 hektar. Heliport itu sendiri dapat menampung total 20 helikopter dalam waktu bersamaan. Nilai investasi dari proyek ini sekitar Rp 260 miliar.
"Heliport ini akan menjadi heliport pertama dengan fasilitas yang lengkap. Fasilitas yang tersedia seperti sejumlah helipad, shooting poin, hangar, ruang tunggu ekslusif, office, termasuk fasilitas dan personil untuk medical evacuation. Heliport ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada tahun 2018," tukasnya. (mca/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com