Follow detikFinance
Selasa, 15 Agu 2017 11:50 WIB

Penampakan Rangkaian Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Manggarai

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Ardan Adhi Chandra Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Satu train set atau rangkaian kereta bandara Soekarno Hatta tiba di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan. Kedatangan train set di Manggarai, Jakarta Selatan merupakan satu dari 10 train set kereta yang dipesan dari produsen kereta api lokal, yaitu PT INKA (Persero).

"Ingin saya sampaikan pada hari ini 1 train set kereta api bandara ada di sini, sudah ada di Balai Yasa," kata Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro dalam jumpa pers di Ruang Auditorium Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2017).

Kereta Bandara Soekarno-HattaKereta Bandara Soekarno-Hatta Foto: Ardan Adhi Chandra

Satu train set yang sudah tiba di Manggarai, Jakarta Selatan terdiri dari 6 kereta. Sedangkan, jika sudah dikirim semua ada 10 train set dengan total 60 kereta.

"Total kita inginkan ada 10 trainset. 1 trainset 6 kereta," kata Edi.

Satu train set kereta bandara Soekarno Hatta terparkir di bagian belakang Balai Yasa, Manggarai. Kereta ini bersebelahan dengan kereta commuter yang juga terparkir dengan rapi.

Kereta Bandara Soekarno-HattaKereta Bandara Soekarno-Hatta Foto: Ardan Adhi Chandra

Kereta bandara yang dibuat PT INKA didominasi warna putih. Bagian dalam kereta pun terlihat megah layaknya kereta eksekutif.

Ada dua baris kursi yang berbaris memanjang di sisi kiri dan kanan. Para penumpang pun dapat duduk dengan nyaman sampai tiba di Bandara Soekarno Hatta dengan ruang yang cukup dan juga dilengkapi dengan pendingin ruangan (air conditioner/AC).

Setiap gerbongnya juga tersedia satu urinoir bagi laki-laki yang ingin buang air kecil dan satu toilet. Keduanya saling berhadapan di sisi kiri dan kanan bagian dalam kereta.

Kereta Bandara Soekarno-HattaKereta Bandara Soekarno-Hatta Foto: Ardan Adhi Chandra

Kereta ini nantinya akan melakukan serangkaian uji sebelum beroperasi yang ditargetkan paling cepat November tahun ini. (ara/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed