Follow detikFinance
Minggu 17 Sep 2017, 09:25 WIB

Diresmikan 2 Menteri, Skytrain Bandara Soetta Mulai Beroperasi

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Diresmikan 2 Menteri, Skytrain Bandara Soetta Mulai Beroperasi Foto: Rengga Sencaya
Tangerang - Automated People Mover System (APMS) atau Skytrain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta resmi beroperasi hari ini. Kereta tanpa awak ini beroperasi pada satu track dan satu rute destinasi dari terminal 3 ke terminal 2 dan sebaliknya pada tahap awal.

Peresmian operasi Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaluddin.

"Ini APMS pertama kali di Indonesia, buat kami di Kementerian BUMN maupun BUMN sendiri pekerjaan yang ikuti terus bersama-sama sinergi BUMN dan perusahaan swasta Indonesia maupun asing. Jadi saya sangat bangga kita dalam 12 bulan mulai APMS," kata Rini saat dalam peresmian operasi Skytrain di Shelter Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (17/9/2017).


Skytrain Bandara Soetta Mulai Beroperasi.Skytrain Bandara Soetta Mulai Beroperasi. Foto: Ardan Adhi Chandra

Budi Karya yang ikut dalam peresmian kali ini juga mengungkapkan kebanggaannya atas pengoperasian Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

"Soekarno-Hatta adalah showcase Indonesia, oleh karenanya keharusan menampilkan Soekarno-Hatta bukan hanya cantik, juga memiliki fungsi sama baiknya dengan bandara terkemuka," ujar Budi.

Awaluddin mengungkapkan, pembangunan Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta tahap I yang menghubungkan Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya memakan waktu 12 bulan. Pekerjaan ini terbilang cepat karena terus dikebut.

"Kami sedikit melaporkan progress APMS Soekarno Hatta. Project ini launch September 2016 lalu. Kalau ini September 2017 sudah tepat 1 tahun," kata Awaluddin.

Skytrain Bandara Soetta Mulai Beroperasi.Skytrain Bandara Soetta Mulai Beroperasi. Foto: Ardan Adhi Chandra

Pada tahap pertama pengoperasian skytrain ini dilengkapi 1 trainset yang terdiri dari 2 gerbong kereta yang mampu mengangkut 176 penumpang dalam satu kali perjalanan. Diharapkan ke depan skytrain ini akan beroperasi penuh dengan 3 trainset menghubungkan seluruh terminal penumpang dan terintegrasi juga dengan kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dengan adanya skytrain ini akan mempermudah masyarakat yang akan melakukan pergerakan antar terminal. Rencananya skytrain ini juga akan terhubungkan dengan stasiun bus yang akan dipusatkan di terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Untuk pembangunan skytrain ini, PT Angkasa Pura 2 menginvestasikan dana sebesar Rp 950 miliar. Untuk pengadaan trainset skytrain sendiri, yang disiapkan oleh PT LEN Industri (Persero) dan Woojin asal Korsel, PT Angkasa Pura II (Persero) menginvestasikan dana sebesar Rp 530 miliar.

Untuk pembangunan infrastruktur seperti jalur dan terminal skytrain PT Angkasa Pura II (Persero) berinvestasi sebesar Rp 420 miliar dimana pembangunannya dilakukan oleh KSO antara PT Wijaya Karya Tbk dan PT Indulexco. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed