Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 21 Okt 2019 17:24 WIB

Deretan Calon Menteri Ekonomi yang Dipanggil Jokowi ke Istana

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pelantikan Jokowi-Maruf (Dok. BPMI) Foto: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf (Dok. BPMI)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini sudah memanggil beberapa orang yang bakal menjadi menteri pada periode 2019-2024. Beberapa di antaranya mengerucut menjadi menteri di bidang ekonomi.

Calon menteri ekonomi yang datang ke Istana lebih dulu adalah pendiri serta CEO Go-Jek Nadiem Makarim. Dirinya diduga kuat bakal menjabat Menteri Digital dan Ekonomi Kreatif yaitu perubahan nomenklatur dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Berikutnya adalah Komisaris Utama PT Net Mediatama Televisi Wishnutama. Bila ditelaah dari pembicaraan dengan Jokowi, bisa jadi dirinya bakal menjadi Menteri Pariwisata, di mana dia diminta menggunakan kreativitasnya dan meningkatkan devisa.


Selanjutnya adalah pengusaha nasional Erick Thohir. Dia masih merahasiakan posisi menteri apa yang akan diberikan kepadanya. Namun setidaknya dia telah diwawancarai oleh Jokowi dan membahas masalah ekonomi.

Lalu ada wajah lama, yaitu Airlangga Hartarto. Di Kabinet Kerja Jilid I dirinya adalah Menteri Perindustrian. Di periode II Jokowi dia diisukan menjadi Menteri Koordinator Perekonomian. Hal itu cocok dengan apa yang dibahas dirinya dan Jokowi dalam pertemuan keduanya.

Terakhir adalah Edhy Prabowo yang datang bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Hasil polling Program 'Bantu Jokowi Cari Menteri' mengerucutkan sejumlah kandidat Menteri Pertanian pilihan detikers. Salah satunya adalah Edhy Prabowo dengan raihan suara 14,18% atau di posisi kelima dari enam kandidat.


Hingga pukul 17.00 WIB belum ada lagi calon menteri yang datang untuk menemui Jokowi. Edhy Prabowo juga belum keluar untuk memberi keterangan.

Saat ini jabatan dari para calon menteri yang datang masih dirahasiakan. Pada akhirnya, dalam menentukan jabatan menteri menjadi hak prerogatif presiden. Susunan resminya akan diumumkan pada Rabu (23/10/2019) mendatang.

Simak Video "Fachrul Razi-Ida Fauziyah Juga Penuhi Panggilan Jokowi di Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com