ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Nov 2019 11:30 WIB

Orang Terkaya China Vs Orang Terkaya RI, Siapa Paling Kaya?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Forbes baru merilis daftar orang terkaya di China untuk tahun 2019. Pendiri Alibaba Group, Jack Ma, masih menduduki peringkat orang terkaya nomor satu di China.

Lantas, bagaimana perbandingannya dengan orang terkaya di Indonesia?

Dalam daftar majalah Forbes, posisi orang terkaya di Indonesia saat ini ialah Robert Budi Hartono. Budi Hartono memperoleh 70% kekayaannya dari bisnis perbankan, yakni Bank Central Asia (BCA). Ia juga memiliki saham di Djarum.

Harta kekayaan Budi yang dicatatkan Forbes pada tahun 2019 tembus sebesar US$ 18,6 miliar atau setara dengan Rp 260,6 triliun (kurs Rp 14.000).

Sementara Jack Ma memiliki kekayaan sebesar US$ 39,8 miliar atau sekitar Rp 557 triliun. Kekayaan tersebut ia peroleh dari e-commerce ternama di dunia, yakni Alibaba.


Sehingga, selisih kekayaan Jack Ma dengan Budi Hartono sekitar Rp 296,4 triliun.

Jack Ma memang dikenal sebagai co-founder dan CEO Alibaba Group. Namun, ia baru saja mengundurkan diri dari jabatan CEO Alibaba Group bulan September lalu.

Meski telah mengundurkan diri sebagai CEO Alibaba Group, jumlah kekayaan Jack Ma masih terus meningkat hingga US$ 5,2 miliar atau sekitar Rp 72,8 triliun. Pasalnya, pada tahun 2018 jumlah kekayaan Jack Ma sebesar US$ 34,6 miliar (sekitar Rp 484,4 triliun).

Di kesehariannya, Jack Ma dan Budi Hartono sama-sama gemar berolah raga. Namun, bedanya Jack Ma gemar dengan seni bela diri, sedangkan Budi Hartono gemar bermain bulu tangkis.



Simak Video "'Singles Day', Perayaan untuk Jomblo yang Munculkan Diskon Belanja Online 11.11"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com