Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 15 Jan 2020 13:00 WIB

Jokowi Colek Erick Thohir Soal Proyek BUMN

Hendra Kusuma - detikFinance
Jokowi Colek Erick Thohir Soal Proyek BUMN. Foto: Andhika Prasetia/detikcom Jokowi Colek Erick Thohir Soal Proyek BUMN. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur Menteri BUMN Erick Thohir saat menghadiri acara pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2019-2022, di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Rabu (15/1/2020). Seperti apa?

Jokowi menegur Erick Thohir agar seluruh proyek pembangunan tak melulu dikerjakan BUMN. Tetapi harus bisa melibatkan pengusaha lokal, terutama para pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI.

"Saya sudah titip ke Pak Erick agar jangan sampai pekerjaan-pekerjaan yang ada di BUMN dikerjakan semua oleh BUMN, sebetulnya dari dulu sudah saya ingatkan itu," kata Jokowi.

Jokowi meminta Erick Thohir memberikan sebagian pekerjaan kepada pengusaha lokal. Apalagi Erick Thohir merupakan jebolan HIPMI.


"Mestinya sekarang sudah jelas karena yang pimpin pak Erick, berikan porsi besar kepada pengusaha muda, jangan sampai yang ada dikerjakan anak-anak BUMN, anak usaha BUMN, cucu-cucu BUMN, kerjakan oleh swasta-swasta terutama pengusaha muda yang terhimpun di Hipmi," jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan nilai proyek yang bisa dikerjakan BUMN nilainya sekitar Rp 2.400 triliun. Angka yang besar itu seharusnya bisa diberikan sebagian kepada pengusaha muda tanah air. Sehingga pengusaha mudah pun bisa naik kelas.

"Dari angka itu bisa menumbuhkan yang muda naik kelas ke menengah dari menengah besar, saya sudah titip, tanyakan ke Pa Erick, tanyakan langsung," ungkap dia.



Simak Video "Erick: Jika Industri Pertahanan Mau Maju, Perlu Blueprint 10-15 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com