Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 02 Apr 2009 14:58 WIB

PLTP Karaha Bodas Mulai Dibangun 2010

- detikFinance
Jakarta - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Karaha Bodas (Jawa Barat) akan dimulai 2010. Proyek ini sempat tertunda karena pengembangan wilayah panas bumi Karaha Bodas sempat bermasalah dan menyeret Pertamina ke arbitrase internasional.

Kini, pembangunan PLTP Karaha Bodas akan dilakukan PT Pertamina Gheothermal Energi (PGE) dan diharapkan beroperasi sekitar awal tahun 2013.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Pertamina Gheothermal Energi (PGE) Abadi Poernomo saat dihubungi wartawan, Kamis (2/4/2009).

"Saat sedang feasibility studi. Mulai pembangunan mungkin tahun depan," ujar Abadi.

Pembangunan PLTP tersebut, menurut Abadi, akan memakan waktu tiga tahun dan akan mulai beroperasi pada awal tahun 2013. PLTP yang berada di Jawa Barat ini akan dibangun dengan kapasitas 1x30 Megawatt (MW).

"Sementara kapasitasnya 30 MW. Kalau perlu diekspansi, nanti diekspansi," kata Abadi.

Abadi menjelaskan biaya yang diperlukan untuk pembangunan PLTP tersebut sebesar US$ 50-60 juta. Adapun sumber dana tersebut berasal dari dana internal perusahaan.

"Costnya US$ 50-60 juta berasal dari internal perusahaan."

Abadi menambahkan dalam proyek ini PGE tidak hanya menjual uap tetapi juga menjual tenaga listrik ke PT PLN (Persero). Terkait harga listrik yang akan dijual, pihaknya akan melakukan negosiasi dengan PLN.

"Harga keekonomian listrik panas bumi saat ini dikisaran US$ 7-9 sen per kwh, dan kami berharap harganya berada dikisaran tersebut," ungkapnya.


(epi/lih)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed