Follow detikFinance
Senin, 22 Mar 2010 16:06 WIB

Tinggi Menara Jakarta Ditambah 30 Meter

- detikFinance
Jakarta - Menara Jakarta rencananya akan ditambah tingginya hingga 30 meter dari rencana sebelumnya yang hanya setinggi 558 meter. Pemegang saham mayoritas Menara Jakarta, Prajogo Pangestu menghendaki penambahan tinggi menara yang akan menjadi salah satu menara tertinggi di dunia tersebut.

"Tinggi 558 meter itu sementara , Prajogo menginginkan ditambah lagi 30 meter," kata Presiden Direktur Wiratman & Associates Multidiciplinary  Consultants, Wiratman Wangsadinata selaku konsultan Menara Jakarta, saat ditemui di acara transformasi konstruksi di Hotel Ambhara, Jakarta, Senin (22/3/2010).

Ia menjelaskan penambahan tinggi menara hingga 30 meter tidak dilakukan pada konstruksi bangunan utama menara, namun hanya dilakukan pada tiang pemancar telekomunikasi. Jika ini terjadi maka Menara Jakarta akan memiliki ketinggian hingga 588 meter.

Saat ini, lanjut Wiratman, pihaknya diberi tugas untuk mendesain ulang struktur Menara Jakarta dengan tidak mengubah bentuk sebelumnya. Langkah ini bertujuan untuk menghemat biaya struktur bangunan menara hingga 10% dari sebelumnya.

Ia menjelaskan berdasarkan perhitungan, biaya struktur menara akan mencapai Rp 800 miliar dari total anggaran pembangunan minimal Rp 2,1 triliun. Jika penghematan ukuran dan struktur menara bisa dilakukan maka bisa menghemat hingga Rp 80 miliar.

"Memang sekarang lagi diredesain ulang," katanya.

Wiratman menegaskan proyek  Menara Jakarta yang berada dibawah konsorsium  PT Prasada Japa Pamudja sudah mulai dilakukan konstruksi kembali pada Januari 2010 lalu. Ia optimis menara Jakarta akan bisa beroperasi pada tahun 2012 nanti.

Menara Jakarta akan dilengkapi dengan restoran berputar, ruang pameran, hotel, mal, kafe, menara telekomunikasi dan lain-lain, yang ditargetkan bisa berdiri hingga 100 tahun di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat berdampingan dengan JIExpo.



(hen/qom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed