Jumlah Penduduk Kota Dominasi Penduduk Desa di 2015

ADVERTISEMENT

Jumlah Penduduk Kota Dominasi Penduduk Desa di 2015

Ramdhania El Hida - detikFinance
Senin, 19 Jul 2010 15:01 WIB
Jakarta - Pada tahun 2015, jumlah penduduk perkotaan di Indonesia akan lebih besar dibandingkan penduduk pedesaan dengan komposisi 56% berbanding 44%.

Direktur Perkotaan dan Pedesaan Hayu Parasati menyebutkan saat ini komposisi penduduk masih didominasi penduduk desa sebesar 56% dan penduduk kota sebesar 44% dengan kontribusi kota besar dan metropolitan terhadap pertumbuhan mencapai 32%. Sedangkan kontribusi kota menengah dan kecil hanya 7% terhadap pertumbuhan.

"Kontribusi kota besar 32%, sedangkan menengah dan kecil hanya 7%," ujar Hayu saat ditemui dalam Forum Diskusi di kantornya, Jalan Diponegoro, Jakarta, Senin (19/7/2010).

Namun, dengan pertumbuhan yang timpang antara desa dan kota tersebut menyebabkan adanya kesenjangan antara desa dan kota. Hayu menyebutkan saat ini ketimpangan antara desa dan kota di wilayah Barat mencapai 200%, sedangkan di wilayah Indonesia Timur, kesenjangan tidak terlalu besar, hanya 100%.

Begitupun dengan tingkat kemiskinan. Hayu menyebutkan tingkat kemiskinan di desa lebih besar dibandingkan di kota.

"Per Maret 2010, angka kemiskinan sudah cukup menurun, desa 19 juta orang dari 17 ribu desa, di kota 11,1 juta orang. Sedangkan pada tahun 2009, angka kemisikinan di desa 20,62 juta orang, sedangkan di kota 11,91 juta orang," jelasnya.

Dengan kondisi seperti itu, Hayu menyatakan banyak sekali yang harus dilakukan dengan pembangunan pedesaan. Jika tidak, maka akan terjadi perubahan komposisi penduduk.

"Penduduk kota akan lebih besar dibandingkan desa. Kota akan 56% dan desa 44%," ujarnya.

Salah satu caranya, lanjut Hayu dengan pemberian pengertian mengenai diversifikasi pangan non beras karena 60-70% penduduk masih sangat bergantung pada komoditas beras. Selain itu, pastinya pembangunan infrastruktur.

(nia/dnl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT