ADVERTISEMENT

Pemerintah Kasih Deadline 1 Bulan ke Pengelola Blok Cepu

- detikFinance
Kamis, 26 Agu 2010 14:01 WIB
Jakarta - Pemerintah tampaknya sudah kesal karena Blok Cepu belum juga memproduksi minyak secara maksimal dengan banyaknya kendala dan permasalahan. Karena itu pemerintah memberikan waktu 1 bulan kepada pengelola Blok Cepu yakni anak usaha Exxon Mobil, Mobil Cepu Limited untuk menyelesaikan semua permasalahan.

Demikian disampaikan oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa ketika ditemui di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (26/8/2010).

"Dari seluruh pembahasan itu semuanya, Cepu misalkan, semua hal-hal yang pending itu dalam 1 bulan harus selesai. Masalah pipa sehingga produksi tertahan. Kemudian hal-hal yang berkaitan peningkatan produksi Cepunya. Itu semua 1 bulan harus selesai," tegas Hatta.

Hatta mengatakan, Cepu menjadi harapan pemerintah untuk mendongkrak lifting atau produksi minyak Indonesia yang selama ini stagnan dan seringkali jauh dari target yang telah ditetapkan.

"Dengan Cepu, misalnya, 2013 lifting kita naik dan juga upaya-upaya kita meningkatkan sumur-sumur kita yang marginal, itu kita tingkatkan," jelasnya.

Di 2013, lanjut Hatta, pemerintah menargetkan lifitng atau produksi minyak Indonesia bisa mencapai 1 juta barel per hari.

Seperti diketahui, produksi Blok Cepu masih terkendala karena adanya masalah pembebasan lahan dan juga daya tampung dari pembeli yaitu Pertamina dan Tri Wahana Universal.

"Untuk tanah, BPN (Badan Pertanahan Nasional) dikasih waktu untuk menyelesaikannya," jelasnya.
(dnl/qom)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT