Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Okt 2011 12:47 WIB

Taufiq Kiemas Berharap Menteri Perdagangan Lebih Nasionalis

- detikFinance
Jakarta - Ketua MPR Taufiq Kiemas meminta Menteri Perdagangan yang Baru Gita Wiryawan lebih nasionalis. Gita diminta untuk lebih mementingkan produk dalam negeri dibanding produk impor.

"Menteri Perdagangan itu harus nasionalis. Nasionalis itu menurut saya harus mempercayai produksi dalam negeri," ujar Taufiq Kiemas kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/10/2011).

Taufiq menilai, Menteri Perdagangan sebelumnya Mari Elka Pangestu kurang nasionalis. Kebijakan Mari dinilai lebih mengedepankan impor dibanding ekspor.

"Jadi dengan sudah tidak adanya Ibu Mari di situ harus lebih nasonalis lah," tegas Taufiq.

Menurutnya, tantangan Gita ke depan harus bisa meningkatkan nilai dan volume ekspor bukan impor. "Menteri Perdagangan sama Menteri Perindustrian itu yang diekspor itu bukan bahan baku. Seyogyanya ditingkatkan menjadi barang setengah jadi supaya meningkat harganya," tambahnya.

Terhadap keseluruhan reshuffle, Taufiq Kiemas enggan menanggapi. Taufiq hanya menyoroti soal Menteri Pertanian, Perdagangan dan Perindustrian.

"Menurut saya yang paling penting Mentan, Mendag dan Menteri Perindustrian harus kerjasama betul-betul. Saya rasa kalau ini dijalankan pasti bagus. Yang paling penting tiga ini, yang nyari duit tiga ini," terangnya.




(her/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed