Wow! Orang Indonesia Paling Banyak Makan Nasi di Dunia

ADVERTISEMENT

Wow! Orang Indonesia Paling Banyak Makan Nasi di Dunia

- detikFinance
Selasa, 13 Des 2011 11:55 WIB
Serpong - Pemerintah masih pusing dengan tingginya angka konsumsi beras per kapita di Indonesia yang merupakan salah satu tertinggi di dunia. Tingkat konsumsi beras Indonesia adalah 130-140 kg per orang per tahun.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perdagangan Gita Wirjawan ketika ditemui di Pasar Sinpansa, Serpong, Selasa (13/12/2011).

"Tingkat konsumsi (beras) Indonesia itu sangat tinggi 130-140 kg per orang per tahun dibandingkan teman-teman di ASEAN yaitu Thailand, Vietnam, dan Malaysia berkisar 65-70 kg per orang per tahun. Jadi setengah dari apa yang kita konsumsi," tutur Gita.

Dikatakan Gita, pola makan masyarakat di Indonesia dengan negara tetangga di ASEAN memang berbeda dan inilah yang membuat konsumsi beras Indonesia sangat tinggi sehingga kenaikan harga beras menjadi isu sensitif.

"Jadi kalau kita perhatikan orang Vietnam itu kalau makan pertama kali itu makan sup dulu lalu makan salad dan terakhirnya nasi. Kalau kita kan langsung 1 gunung nasi itukan," jelasnya.

Karena itu, pemerintah ingin agar masyarakat mengubah pola konsumsinya, namun pemerintah tidak meminta masyarakat untuk tidak mengonsumsi beras lagi.

"Gambarannya kalau kita bisa menurunkan konsumsi (beras) dari 140 kg menjadi 90-100 kg yang masih di atas kawan-kawan ASEAN kita akan menjadi eksportir beras. Salah satu yang terbesar di dunia," tutur Gita.


(dnl/hen)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT