Follow detikFinance
Rabu, 16 Mei 2012 11:58 WIB

Berhasil Jaga Inflasi, Jokowi Dapat Penghargaan SBY dan BI

- detikFinance
Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan pemerintah memberikan apresiasinya kepada pemerintah daerah yang berhasil mengatur inflasi atau kestabilan harga di daerahnya masing-masing.
Salah satunya, Kota Solo yang dipimpin Walikota Joko Widodo (Jokowi) menjadi wakil Provinsi Jawa Tengah yang berhasil meraih penghargaan kinerja pengendalian inflasi terbaik. Selain itu Kota lainnya yakni Pematang Siantar dan Balikpapan.
Dalam kesempatan tersebut, Presiden SBY melalui Menko Perekonomian Hatta Rajasa memberikan langsung penghargaan kepada para kepala daerah termasuk Jokowi.

Gubernur BI Darmin Nasution mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada kepala daerah yang berhasil mengatur inflasi yang stabil semenjak tahun 2007 sampai sekarang.

"Perkembangan inflasi dalam indeks lima tahun terakhir menurun dari 6 persen pada 2007 menjadi 4-5 persen sampai sekarang. Volatile food 5 tahun terakhir (kestabilan harga pangan) juga turun dari dari 12 persen ke 7 persen sampai sekarang. Ini tidak lepas dari peran Pemda dalam mengatur kestabilan harga," ungkap Darmin di Rakornas Tim Pengawas Inflasi Daerah  (TPID), Rabu (16/5/2012).

Pada kesempatan Rakornas Tim Pengawas Inflasi Daerah (TPID) Darmin menjelaskan betapa pentingnya forum tersebut sebagai media komunikasi anatara pemerintah pusat dan daerah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh daerah dalam mengatur laju inflasi daerah, yang dampaknya sangat berkontibusi terhadap inflasi nasional.

"Peran daerah dalam pembentukan inflasi menyumbang 77% terhadap inflasi nasional," sambungnya.

Secara terpisah presiden SBY juga memberikan apresiasi terhadap pemerintah daerah yang bekerja keras sehingga berhasil mengatur laju inflasi daerahnya

"2 tahun terakhir ini inflasi bisa dikatakan dalam keadaan yang terkelola. Ini bekat kerja kelas saudara. Juga 5 tahun terakhur terjaga dengan baik. Di tengah gejolak harga pangan dan energi," sebutnya.

Pada acara Rakernas TPID 2012 ini, pemerintah memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang memiliki kinerja TPID terbaik dalam mengatur laju inflasi daerah.
Penilaian ini dari aspek proses dan aspek keluaran. Penghargaan tersebut diberikan kepada 3 pemerintah propinsi dan 3 pemerintah kabupaten kota yang dibagi menjadi 3 wilayah yaitu: Sumatera, Jawa dan Indonesia Timur.


Wilayah Sumatera


  • Tingkat Propinsi: Sumatera Utara
  • Tingkat Kabupaten Kota: Pematang Siantar

Jawa


  • Propinsi: Jawa Tengah
  • Kabupaten Kota: Solo

Indonesia Timur


  • Propinsi: Sulawesi Selatan
  • Kabupaten Kota: Balikpapan


(feb/dru)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed