Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 24 Mei 2012 12:02 WIB

Anggota DPR: Benahi Dulu Pelayanan, Baru PNS Naik Gaji

- detikFinance
Jakarta - Pegawai Negeri Sipil (PNS) direncanakan naik gaji sebesar 7% tahun depan, jumlah ini lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya 10%. Namun PNS diminta memperbaiki pelayanannya terlebih dahulu sebelum naik gaji.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi XI DPR Dolfie Ofp saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (24/5/2012).

"Makanya harus ada evaluasi dululah bagaimana kinerja PNS itu," ungkapnya.

Dolfie menilai, banyaknya keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan publik dinilai sebagai sesuatu yang mendesak, ketimbang menaikkan gaji PNS 7%.

"Yang kita bingung ukuran pelayanan publik yang dikerjakan oleh PNS itu apa. Kalau dilihat masyarakat kan masih mengeluh dengan pelayanan publik ini," tambahnya.

Sementara anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Achsanul Qasasi mengatakan rencana kenaikan gaji PNS tahun depan dilakukan karena menyesuaikan dengan laju inflasi.

"Kenaikan 7% itu kaitannya dengan besaran inflasi 7% maka kenaikan PNS itu berkisar 7%," tambahnya.

Achasanul juga menilai penyesuaian gaji PNS sebagai hal wajar dan harus dilakukan. "Sebenarnya PNS itu tidak naik dan tidak turun nilai uang yang diterima gaji PNS itu tetap besarannya," sebutnya.

Selain itu Achsanul keberatan jika kenaikan gaji PNS dilakukan secara rata untuk semua level tanpa memperhatikan kinerja dan prestasi.

"Tidak pukul rata, nanti pasti ada di kementerian yang promosi. Kalau promosi kan sudah ada standarnya," tutupnya.


(feb/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com