Jakarta Great Sale Klaim Pasang Harga Lebih Murah dari Singapura

- detikFinance
Minggu, 03 Jun 2012 13:59 WIB
Jakarta - Pihak penyelenggara Festival Jakarta Great Sale (FJGS) sangat yakin harga dan diskon yang ditawarkan mereka lebih menarik dibandingkan The Great Singapore Sale (GSS). Kedua ajang pesta belanja yang dimulai hampir bersamaan ini memasang diskon belanja relatif sama hingga 70%.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan menjamin harga yang ditawarkan di FJGS lebih murah dibandingkan dengan The Great Singapore Sale. Besaran diskon yang diberikan pun kurang lebih sama.

Ia memastikan 73 mal di Jakarta semuanya ikut ajang ini, namun mengenai besaran diskon, sangat tergantung pihak retailnya. Ia menuturkan ada retailer yang memberikan diskon sampai 10% sampai 70% dan bermacam-macam variasi potongan yang menjanjikan.

"Diskon hebat-hebat, Pak Handaka Santosa (Ketua APPBI Jakarta) sudah cek, harga disini lebih murah dibandingkan Singapura, go on saja," kata Stefanus kepada detikFinance, Minggu (3/6/2012).

Ia mengatakan meski ajang GSS lebih dahulu dimulai, namun ajang FJGS tetap memberikan daya tarik. Pergelaran waktu yang lebih lama hingga 1,5 bulan, diyakini semakin menarik minat para konsumen berbelanja.

"Dia (Singapura) duluan. Kita pertimbangannya lebih lambat karena anak-anak belum libur, agar nggak tabrakan. Tentu ada hasil maksimal, apalagi ada pilkada DKI harusnya lebih meriah. Kalau target (omzet) kita tahun ini Rp 10 triliun, tahun kemarin Rp 8 triliun, dengan waktu yang ditambah mestinya Rp 10 triliun dapat," katanya.

Sayangnya, kalangan perbankan di dalam negeri justru memberikan promosi ke ajang GSS dibandingkan FJGS. Padahal seharusnya perbankan mendorong agar masyarakat Indonesia berbelanja di dalam negeri.

"Ada kartu kredit disini kirim SMS bahwa belanja lah disana (Singapura), kalau dengan tiket Garuda ada potongan 10%, seperti kemarin ANZ. Saya kaget saja, pagi saya dapat SMS, diskon 10% dari ANZ," katanya.

Stefanus mengakui, pihaknya belum memiliki situs atau web khusus soal FJGS, terkait informasi pesta belanja di Jakarta ini. Namun berbeda dengan GSS, mereka sudah memiliki situs khusus.

Berdasarkan situs greatsingaporesale.com, ditampilkan secara jelas soal diskon-diskon dan fasilitas yang bisa dinikmati konsumen.

Misalnya untuk kategori Department Store, antaralain retailer seperti BHG mencakup Bugis Junction, Junction 8, Lot One, Century Square, Clementi Mal memberikan diskon terbatas hingga 50% untuk produk pakaian wanita dan pria hingga 26 Juni 2012.

Selain itu, seperti Metro antaralain di Paragon, City Square, Woodlands, Compass Point memberikan diskon hingga 70% untuk pakaian wanita, pria, anak-anak, sepatus, tas dan lain-lain hingga 24 Juni 2012.

Beberapa departement store di Singapura lainnya juga memberikan diskon besar-besaran seperti OG, Takashimaya Department Store, Tangs memberikan diskon sampai 70%.

Seperti diketahui FJGS 2012 yang dimulai 1 Juni hingga 14 Juli 2012. Sementara itu The Great Singapore Sale yang berlangsung 25 Mei hingga 22 Juli 2012.

Pada FJGS sebanyak 73 pusat perbelanjaan yang tersebar di lima wilayah Jakarta turut meramaikan FJGS 2012. Terdiri dari 10 mal di Jakarta Barat, 11 di Jakarta Utara, sembilan pusat belanja di Jakarta Timur, 19 di Jakarta Pusat dan 24 mal di Jakarta Selatan.

Diskon yang ditawarkan mulai dari 10% hingga 70 %, dan tentunya berbagai rangkaian promosi lainnya, antara lain buy 1 get 1, midnight sale, undian dengan hadiah utama mobil Nissan Juke. FJGS kali ini juga akan diwarnai dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) donor darah, parade andong hias dan ondel-ondel, serta fun bike.


(hen/wep)