ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

- detikFinance
Jumat, 15 Jun 2012 07:10 WIB
10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

Tingkat pengangguran: 9,3%
GDP 2011: 1,7%

Meski tingkat pengangguran Prancis mencapai 9,3% di 2011, kini angka tersebut sudah naik lagi ke level 10%, menandai rekor tertinggi dalam 13 tahun.

Lemahnya pasar buruh di negara berekonomi terbesar kedua zona Eropa ini merupakan faktor utama yang menggiring peta politik Prancis ke tangan kandidat Sosialis, Francois Hollande dalam pilpres Mei lalu.

Hollande beberapa kali menyerang incumbent Nicolas Sarkozy menggunakan fakta menurunnya sektor industri Prancis. Dia menyorot hilangnya 355.000 lapangan kerja di bidang industri semasa lima tahun pemerintahan Sarkozy.

Sebulan sebelum pilpres, sebuah survey OpinionWay menunjukkan bahwa 40% pekerja Prancis percaya kalau pekerjaan mereka beresiko. Pemerintah sudah berjuang untuk mencegah berbagai industri kelas atas supaya tidak tutup karena ini akan mengakibatkan lebih banyak lagi pengangguran.

Operator kapal ferry SeaFrance, produsen pakaian dalam wanita Lejaby dan kilang milik Petrolplus Swiss semuanya terancam. Serikat buruh Prancis Mei lalu menekan Presiden Hollande untuk mencegah lebih dari 45 perusahaan menutup produksinya yang akan membuat 90.000 orang jadi pengangguran.

Menurut serikat, firma-firma yang berencana menutup pabriknya antara lain: PSA Peugeot Citroen, General Motors dan peritel Conforama.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT