ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

- detikFinance
Jumat, 15 Jun 2012 07:10 WIB
10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

Tingkat pengangguran: 9,6%
GDP 2011: 4,3%

Meski Polandia merupakan salah satu yang mengalami tingkat pertumbuhan GDP tercepat dibandingkan negara-negara zona euro yang terlilit utang, tingkat pengangguran Polandia masih terbilang tinggi.

Menurut ekonom OECD Balazs Egert, reformasi buruh seperti membatasi pensiun dini seiring dengan ledakan kelahiran bayi Polandia pada 1980an telah meningkatkan partisipasi ketenagakerjaan dan mendorong pengangguran.

“Jika Anda menciptakan lapangan kerja baru, pekerjaan-pekerjaan ini diimbangi dengan peningkatan besar dalam angka partisipasi,” kata Egert.

Tingkat pengangguran Polandia mencapai 12,6% pada Mei, turun 0,3% dari April, namun jauh lebih tinggi dibanding rata-rata tahunan 2011 yang mencatat 9,6%. Kaum muda yang paling merasakan dampak krisis lapangan kerja. Menurut studi terbaru OECD, 1 bahkan lebih dari 5 anak muda menganggur.

Tingkat pengangguran anak muda melonjak hingga 26,7% pada Maret dari 18,5% di Desember 2007. Ada peningkatan kekhawatiran bahwa kaum muda ini akan terus menganggur selamanya. Ditambah dengan fakta produsen besi baja kelas dunia, ArcelorMittal mengumumkan PHK massal untuk kawasan Eropa Timur yang mempengaruhi 1.000 pekerja di Polandia.

Krisis utang zona Eropa yang terus memburuk dan lambatnya pertumbuhan ekonomi memaksa produsen besi baja untuk menghentikan atau mengurangi produksinya. Kekurangan pekerjaan dan upah rendah memicu eksodus massal pekerja dari Polandia ke negara-negara Eropa Barat seperti Jerman dan Austria.

Hal ini menyebabkan diterapkannya pembatasan pekerja Eropa Timur untuk memasuki pasar kerja mereka tahun lalu. Upah bulanan rata-rata Polandia pada 2011 adalah US$ 1.215 atau hanya sepertiga dari upah kerja di Jerman.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT