ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

- detikFinance
Jumat, 15 Jun 2012 07:10 WIB
10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

Tingkat pengangguran: 9,8%
Pertumbuhan GDP 2011: 8,5%

Pertumbuhan pesat ekonomi Turki yang mengagumkan sepanjang satu dekade ini tidak sebanding dengan kekuatan di sektor lapangan kerjanya. Dengan pertumbuhan GDP tahunan rata-rata melampaui 7% sepanjang 2002 – 2006, tingkat pengangguran malah terus-terusan berada di kisaran 10%.

Menurut ekonom senior OECD Rauf Gonec, faktor utama di balik tren ini adalah peningkatan jumlah orang yang meninggalkan sektor agrikultural dan pindah ke area urban. Selain itu, juga ada peningkatan permintaan pekerja dengan keterampilan level medium hingga tinggi dalam ekonomi Turki.

Sementara golongan buruh punya keterampilan lebih rendah dan menciptakan ketidakseimbangan antara permintaan buruh dan suplai. “Perusahaan Turki tidak bisa menemukan suplai buruh terampil yang cukup di area yang mereka siapkan untuk mempekerjakan lebih banyak orang,” kata Gonec.

Sementara itu, ada perbaikan pada tingkat pengangguran kaum muda beberapa tahun belakangan. Tingkat pengangguran kaum muda menurun dalam lima tahun terakhir, dari 17,1% pada Desember 2007 menjadi 15,4% pada Maret tahun ini, menurut OECD.

Ketika partisipasi anak muda dalam ketenagakerjaan telah meningkat, jumlah partisipasi wanita dalam ketenagakerjaan Turki masih rendah. Pada 2011, porsi ketenagakerjaan wanita hanya 29% dari total pekerja 6,9 juta menurut ILO.

Hampir separuh wanita Turki pernah bekerja, tapi sebagian besar berhenti karena kewajiban keluarga atau kondisi bekerja yang memprihatinkan. Hanya 24% wanita berpendidikan dasar yang memiliki pekerjaan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT