ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

- detikFinance
Jumat, 15 Jun 2012 07:10 WIB
10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

Tingkat pengangguran: 10,8%
Pertumbuhan GDP 2011: 5,9%

Kolombia telah berkembang pesat sejak pemerintah berhasil mengendalikan perang sipil dan pemberontakan, tapi tingkat penganggurannya masih termasuk yang paling tinggi di Amerika Latin. Meski tingkat pengangguran Kolombia tahun ini turun menjadi 10,8% dari 11,8% saat 2010, angka tersebut masih lebih tinggi 2% daripada negara tetangganya, Venezuela yang duduk di peringkat kedua.

Maret lalu, ibukota Kolombia Barat, Quibdo mencatat tingkat pengangguran sangat tinggi yaitu 19,1%. Pemerintah Kolombia telah meloloskan legislasi Desember lalu yang menargetkan angka pengangguran hanya 8,5% pada 2014. Untuk mencapai hal ini, pemerintah memberi bisnis kecil dan menengah 'jeda sementara' untuk tidak membayar pajak penghasilan demi menggenjot jumlah penerimaan karyawan baru.

Namun tahun lalu IMF memperingatkan pemerintah bahwa hambatan utama penerimaan kerja formal di Kolombia adalah relatif tingginya upah minimum kerja. Pada 2010, pemerintah Kolombia menaikkan upah minimum kerja sebanyak 4% menjadi US$ 300 per bulan setelah tingkat inflasi naik ke level 3,1%. IMF mengatakan, upah minimum kerja menaikkan ongkos buruh.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT