ADVERTISEMENT

10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

- detikFinance
Jumat, 15 Jun 2012 07:10 WIB
10 Negara dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi

Tingkat pengangguran: 11,5% (data terbaru yang tersedia per 2009)
Pertumbuhan GDP 2011: -

Sanksi Barat, kekurangan investasi asing langsung dan penurunan produksi minyak telah melukai ekonomi Iran dan sangat berpengaruh pada kondisi lapangan kerja negeri Timur Tengah ini. Menurut otoritas berwenang, sekitar 15% warga Iran usia aktif bekerja kini menganggur. Namun karena banyak pekerjaan formal yang tidak membayar upah layak untuk orang-orang Iran menghidupi kebutuhan sehari-harinya, mungkin angka sebenarnya lebih tinggi.

Menurut Pusat Sensus Iran, tingkat pengangguran untuk usia di bawah 25 tahun adalah 29,1%. Tapi analis mengatakan angka sebenarnya mungkin bisa dua kali lipat dari yang disebutkan tadi. Menurut Menteri Ketenagakerjaan, lulusan perguruan tinggi punya kemungkinan menganggur 10 kali lipat lebih tinggi dibanding orang dengan kualifikasi lebih rendah.

Tingginya angka pengangguran memicu berbagai protes yang digerakkan kaum muda negeri tersebut. Seperti negara Timur Tengah lainnya, Iran juga memiliki partisipasi ketenagakerjaan wanita yang rendah. Pada 2009, hanya 740.000 wanita yang menganggur dibandingkan pria yang mencapai 2,7 juta pengangguran. Di tahun yang sama, ada sekitar 17,4 juta tenaga kerja pria dari total 21 juta orang dalam lapangan kerja Iran.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT