Pulau Jawa Kekeringan Bukan Salah Alam, Tapi Kebanyakan Penduduk

- detikFinance
Jumat, 07 Sep 2012 17:49 WIB
Foto: Dok. detikFinance
Jakarta - Kekeringan yang terjadi di Pulau Jawa tak hanya diakibatkan oleh alam semata. Tapi kekeringan juga terjadi lonjakan penduduk yang begitu besar.

"Jawa itu sudah over (berlebih). Jumlah manusia sudah melebihi daya air yang ada," kata Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mohammad Hasan saat ditemui kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Jumat (7/09/2012).

Hasil sensus penduduk 2011 memperkirakan penduduk Pulau Jawa dan Madura hampir 138 juta jiwa. Populasi itu setara dengan 58% dari total penduduk Indonesia.

Berdasarkan data dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air di 2012, potensi cadangan sumber daya air indonesia sebesar 3.900 miliar meter kubik per tahun.

Jumlah itu terbagi pada beberapa pulau, seperti potensi di Bali dan Nusa Tenggara sebesar 49,6 miliar meter kubik per tahun, potensi di Sulawesi sebesar 299,2 miliar meter kubik per tahun, potensi di Kalimantan sebesar 1.314 miliar meter kubik per tahun, potensi di Maluku sebesar 176,7 miliar meter kubik per tahun, dan potensi di Papua mencapai 1.062 miliar meter kubik per tahun.

Pulau Kalimantan, Papua, dan Sumatera merupakan kepulauan yang mempunyai air permukaan sebesar 82% dari seluruh air permukaan di Indonesia. Sedangkan Pulau Jawa hanya memiliki air permukaan 4% dari seluruh air permukaan tersebut.

"Hanya 4% air yang tersebar di Pulau Jawa, serapan dan sebaran air paling besar itu ada di Papua dan Kalimantan, tetapi kita lihat berapa penduduk disana jika dibandingkan dengan Pulau Jawa yang jumlah penduduknya hampir 60%," tutupnya.

(wij/dnl)