Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 07 Sep 2012 18:04 WIB

Tiga BUMN Kerjasama Kembangkan 'The New Tanjung Priok'

- detikFinance
Jakarta - Hari ini 3 BUMN melakukan penatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang bersejarah. Terdapat 2 jenis perjanjian yang dilakuan 3 perusahaan plat merah kali ini.

MoU pertama antara PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II/IPC) dan PT Jasa Marga Tbk melakukan kerjasama pembangunan dan pengoperasian tol akses ke Pelabuhan The New Tanjung Priok atau Kalibaru serta pemanfaatan areal jalan tol Jakarta-Tangerang, Jakarta-Bogor dan Jakarta-Cikampek.

Pada MoU kedua antara PT Pelindo II, PT Jasa Marga Tbk, dan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) melakukan kerjasama pengintegrasian pelabuhan The New Tanjung Priok dengan KBN Marunda serta pembangunan dan pengoperasian jalan tol The New Tanjung Priok-KBN Marunda.

Dirut Pelindo II RJ Lino mengaku kerjasama dengan Jasa Marga dalam membangun akses tol diperuntukan untuk mengurai kemacetan dan memperlancar akses menuju dan keluar The Tanjung Priok.

"The New Tanjung Priok harus mulai beroperasi di tahun 2014 tentu diperlukan bantuan dari pesusahaan yang telah bepengalaman menangani pembangunan dan pengoperasian jalan tol seperi Jasa Marga," kata Lino di Kementrian BUMN Jakarta, Jumat (7/9/2012).

Selain itu, sinergi dilakukan dengan KBN dalam bentuk pengembangan KBN Marunda. Direktur Utama KBN Raharjo Arjosiswoyo, menjelaskan kerjasama Pelindo II dengan KBN Marunda akan bermanfaat mendukung penguatan The New Tanjung Priok sebagai basis ekspor dari non migas.

"Pada prinsipnya kami gembira KBN akan ada pengembangan. Bisnis di kswasan kami ada 90 hektar, akan menjadi bagian dari Pelindo 2 dan menjadi kawasan bertaraf internasional," tutupnya.



(feb/dru)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com