Ini Dia 5 'Kado' Dahlan Iskan untuk Jokowi

- detikFinance
Jumat, 21 Sep 2012 14:17 WIB
Jakarta - Pemilukada DKI Jakarta telah berlangsung. Joko Widodo mendapatkan suara lebih banyak dari hasi perhitungan cepat sementara atau quick count.

Jika memang pria yang akrab disapa Jokowi tersebut terpilih, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengusulkan 5 proyek BUMN kepada calon Gubernur baru Jakarta ini. Salah satunya mengusulkan pembangunan Jakarta link Transportasi atau Monorel.

"Kita jalankan kembali supaya tiang beton yang sudah mangkrak, itu bisa dibangun kembali dan toh tidak minta uang ke pemerintah, negara dan pemda, tinggal izinkan," kata Dahlan kepda wartawan di Kementrian BUMN, Jakarta, Jumat (21/9/2012).

Mantan Dirut PLN ini juga mengatakan ada solusi dari PT Jasa Marga Tbk untuk membangun jalan tol layang dari Cibubur ke Senayan sepanjang 22 Km.

"Kemudian jalan tol contra flow kita jalankan lagi," tambahnya.

Dahlan juga akan menawarkan proyek kereta layang Slipi-Bekasi usulan PT Hutama Karya (Persero). "Kan nggak apa-apa, di propose. Terserah, nantinya tidak menyetujui atau ditolak, kalau memang mau," sambungnya.

Kado lain Dahlan kepada Jokowi adalah menawarkan kerjama antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) (persero) dan Pemprov DKI Jakarta dalam membangun underpass untuk KRL.

"Segera bicarakan, pembangunan underpass 24 yang selama ini dilintasi KRL, yang akan kita bicarakan, akan langsung bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas kegunaannya. Bagi pengendara mobil tidak sering terhambat, perbanyak KRL, berjubel bisa dikurangi," tuturnya.

"Terakhir, BUMN siap mendukung pembangunan ruas baru tol dalam kota untuk mengatasi kemacetan Jakarta. Pembangunan tol dalam kota bisa mendukung," pungkasnya.

(feb/dru)