googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 09 Jan 2013 09:48 WIB

Ini Dia 6 Faktor Penentu Investasi di Indonesia

- detikFinance
Halaman 1 dari 7
Jakarta - Investasi merupakan salah satu komponen pembentuk pertumbuhan ekonomi. Ini menjadikan investasi mempunyai multiplier effect yang luas karena tidak hanya mendorong sisi produksi, namun juga menstimulasi sisi konsumsi.

Investasi dalam bentuk penciptaan nilai tambah ekonomi, akan mendorong pembukaan dan perluasan lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan masyarakat, dan kemudian pada gilirannya akan menstimulasi konsumsi masyarakat dan kemudian memperdalam pasar domestik.

Karena itulah komponen investasi seringkali dijadikan patokan dalam menilai kualitas pertumbuhan ekonomi. Data pertumbuhan ekonomi dari Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat komponen investasi triwulan III 2012 tumbuh 10,02 % dibanding triwulan yang sama tahun 2011 (y0y).

Bersama dengan komponen konsumsi rumah tangga, keduanya menopang pertumbuhan ekonomi berada pada kisaran 6,17%. Sebuah capaian yang layak untuk diapresiasi. Berbagai perkembangan positif tersebut tentunya tidak terjadi dengan sendirinya.

Banyaknya faktor saling berinteraksi mendorong tumbuhnya aliran investasi langsung. Terdapat beberapa faktor yang ditengarai mempengaruhi pertumbuhan investasi. Untuk Indonesia, paling tidak terdapat 6 (enam) faktor yang berpengaruh positif terhadap capaian investasi sepanjang 2012.

Berikut ini 6 faktor yang dikutip detikFinance dari situs Setkab, Rabu (08/01/2013).

(wij/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com