Pemerintah Siap Bangun 11 Waduk Hingga 2017

- detikFinance
Kamis, 18 Apr 2013 13:11 WIB
Jakarta - Pemerintah menargetkan hingga 2017 ada belasan waduk yang akan selesai dibangun di seluruh Indonesia. Setidaknya ada 11 waduk yang kini sedang memasuki proses tender proyek.

Hal tersebut dikatakan oleh Kasubdit Pembinaan Pelaksanaan Wilayah II Direktorat Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PU, Mohammad Mazid, di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum, Kamis (18/4/2013).

"Jadi nanti tahun 2017 ada sejumlah waduk di Bengawan Solo, di Brantas, Cimanuk, Cisanggarung, Kalimantan Selatan, jumlahnya semua ada 11," kata Mazid.

Dikatakan Mazid, 11 waduk tersebut tak hanya akan berbentuk seperti waduk pada umumnya. Waduk itu juga bisa berbentuk sebagai bendung, gondang dan lainnya namun fungsinya tetap sama, yakni untuk menampung luapan air dan beberapa sebagai sumber air baku.

"Kapasitas daya tampung secara keseluruhan itu 185 juta meter kubik," katanya.

Soal biaya investasi, Mazid belum mengatakan berapa total investasi yang dikeluarkan pemerintah untuk membangun 11 waduk ini. Keseluruhan proyek didanai oleh APBN.

"Saya nggak hafal, tapi yang jelas tahun 2013 ini sudah dialokasikan. Tahun ini sudah dialokasikan anggaran dan sedang dalam proses lelang. Jadi diharapkan tahun 2017 proyek dari mulai waduk, bendung, gondang, itu sudah selesai," katanya.

Saat ini proyek bendungan yang cukup besar yang sedang proses dibangun pemerintah adalah Waduk Jatigede berkapasitas hingga 1 miliar meter kubik.

(zul/hen)