Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Jul 2013 13:09 WIB

5 Tahun Lagi Malaysia Pede Jadi Negara Maju, RI Kapan Ya?

- detikFinance
London - Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak pede negara yang dipimpinnya bisa meraih predikat sebagai negara maju lebih cepat dari target.

Tepatnya 5 tahun lagi atau 2018, Najib menyebutkan Malaysia lebih cepat meraih predikat negara maju dari targetnya di 2020.

Malaysia memiliki dua konsep program untuk mengincar predikat negara maju yakni Goverment Transformation Programme dan Economic Transformation Programme.

"Ranking dunia kita telah meningkat tajam. Bank Dunia menempatkan kita di posisi 12 terbaik dalam Doing Business Report 2013," kata Najib seperti tertuang dalam sebuah artikel di Bernama, Kamis (4/7/2013).

"Survei juga menunjukkan Malaysia sudah sejalan untuk meraih predikat negara maju lebih cepat yakni pada 2018," ungkapnya.

Najib meminta warga Malaysia, terutama yang tinggal di luar negeri untuk membantu negaranya dengan mengusir berita yang tidak benar. Sehingga akan lebih banyak turis yang berinvestasi atau berkunjung ke Malaysia.

"Kata-kata yang baik dari Anda tentang Malaysia akan sangat bagus sekali. Saya yakin Anda telah menemukan, pada berbagai kesempatan, teman dan kolega yang telah berkomentar negatif tentang Malaysia. Dan itu adalah tugas Anda, sebagai Malaysia, untuk menempatkan Malaysia kembali cahaya yang baik," imbuh Najib.

Najib berharap warga Malaysia di luar negeri juga selalu berpikir tentang apa yang bisa mereka lakukan untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan sosial-ekonomi negara dan rakyatnya.

Dia mengatakan pemerintah berkomitmen untuk memastikan masa depannya yang sarat dengan harapan untuk setiap segmen masyarakat Malaysia termasuk pemuda.

"Kami percaya bahwa dasar dari setiap negara terletak pada pendidikan kaum muda," jelas Najib.

Negara maju merupakan sebuah 'predikat' negara yang standar hidup masyarakatnya relatif tinggi. Hal ini didukung oleh teknologi tinggi dan ekonomi yang merata.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah mengatakan dirinya tidak terlalu percaya diri Indonesia menjadi negara maju di tahun 2030, seperti yang diyakini Komite Ekonomi Nasional (KEN). SBY baru yakin Indonesia akan berjaya pada tahun 2045, atau satu abad setelah Indonesia merdeka.

"Saya tidak seyakin KEN, namun pada abad 21 Indonesia akan jadi negara maju. Atau tahun 2045 saat satu abad kemerdekaan," kata SBY beberapa waktu lalu.


(dru/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com