Kemasan dan Sertifikat Baru Emas Batangan Antam Sulit Dipalsukan

- detikFinance
Jumat, 05 Jul 2013 11:52 WIB
Foto: Dewi-detikFinance
Jakarta - Hari ini PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meluncurkan kemasan dan sertifikat baru emas batangan Logam Mulia. Kemasan dan sertifikat ini menurut pihak Antam sulit dipalsukan. Kok bisa?

Business Unit Head Logam Mulia Antam Dody Martimbang mengatakan, untuk mengantisipasi adanya pemalsuan emas logam mulia, pihaknya perlu mengubah fisik atau kemasan LM tersebut. Jika awalnya emas Logam Mulia ini sertifikatnya terpisah dari emasnya, untuk kemasan baru ini, sertifikat akan langsung melekat pada emas itu sendiri.

"Kemasan sudah tidak lagi terlepas, dulu kan antara emas batangan dan setifikatnya tidak terlepas sekarang sudah menjadi satu sehingga lebih aman. Itu untuk menghindari adanya pasar barang-barang emas yang mengaku-ngaku Antam. Dipastikan tidak bisa ditiru dan dipalsukan," kata Dody saat disambangi detikFinance di Kantor Antam, Pulogadung, Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Dody menjelaskan, selain sertifikat yang langsung menempel pada emas. Kemasan baru emas batangan Logam Mulia ini memiliki hologram watermark yang sulit ditiru.

"Ada logo watermark huruf L. Ini sulit ditiru dan mesinnya juga sulit. Selain itu masih ada security khususnya juga hanya kita yang tahu. Ciri khusus sangat secret, jadi nanti ketika kita cek, ketahuan ini asli atau nggak," terangnya.

Dody menambahkan, diharapkan dengan kemasan baru ini, perdagangan emas baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri bisa lebih aman.

"Diharapkan lebih aman dan akan jauh lebih secure lagi karena ada beberapa kode juga di kemasan baru itu. Packaging juga ada warranty, begitu segel dibuka nggak ada warranty lagi," kata Dody.

(dnl/dnl)